Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur menggelar pawai obor dan doa bersama untuk menyambut Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1445 Hijriah di alun-alun kabupaten setempat, Selasa (18/7) malam.

Bupati Jember Hendy Siswanto bersama forum komunikasi pimpinan daerah memimpin langsung pawai obor tersebut dengan rute Kota Cinema Mall hingga finish di alun-alun kota Jember.

"Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan pawai obor dan doa bersama dalam menyambut 1 Muharram 144 Hijriah. Insya Allah seluruh kebaikan bisa menjadi berkah," kata Hendy dalam keterangan diterima di Jember, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan pawai obor tersebut sebagai bentuk rasa syukur Pemerintah Kabupaten Jember bersama warga, karena diberi umur panjang hingga bisa bertemu 1 Muharam 1445 Hijriah.

"Mudah-mudahan kita semua senantiasa diampuni oleh Allah SWT dan apa yang sudah dilanggar pada 1444 Hijriah diampuni dosa-dosanya. Khususnya Kabupaten Jember semua masyarakat muslimin dan muslimat mendapatkan barokah. Amin," tuturnya.

Hendy mengaku masih banyak kekurangan yang dilakukan oleh Pemkab Jember pada tahun 1444 Hijriah, sehingga ke depan di tahun baru akan berusaha memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk kemaslahatan dan kemakmuran masyarakat.

"Saya mohon dan dukungan masyarakat. Marilah terus berdzikir, tetap semangat dalam berbagi dan optimistis senantiasa untuk menghadapi tantangan kehidupan tahun depan, serta meningkatkan keimanan kepada Allah SWT," katanya.

Pawai obor tersebut diikuti oleh para santri di sejumlah pondok pesantren, pelajar hingga masyarakat umum dengan total sekitar 10.000 orang sambil melantunkan shalawat sepanjang perjalanan.

Setelah sampai di alun-alun Jember, ribuan masyarakat dengan khusyuk mengikuti shalawat dan doa bersama, serta mendapat siraman rohani dan tausiyah dari Pengasuh Pondok Pesantren Riyadus Sholihin KH Mushodiq Fikri Farouq (Gus Fikri).

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023