Tim Nasional Basket Filipina U-16 memastikan lolos ke ajang tingkat Asia yang akan diselenggarakan di Doha, Qatar usai menang meyakinkan atas Thailand dengan kedudukan 85-49 dalam lanjutan "FIBA U-16 Asian Championship 2023 SEABA Qualifiers" di GOR Basket Kertajaya Surabaya, Selasa.

Kapten Tim Nasional Basket Filipina U-16 Kiefer Louie Alas mengatakan kunci kemenangan timnya dikarenakan seluruh pemain mampu bermain dengan tenang.

"Kami mampu bermain rileks dan kami bisa menang. Tetapi soal persiapan sebelum pertandingan hari ini tidak dapat dikatakan karena itu sebuah taktik kami," kata Kiefer seusai pertandingan.

Dia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Filipina yang rela datang ke Indonesia untuk mendukung timnya.

"Terima kasih atas dukungannya, kami senang bisa menang," ujarnya.

Sementara itu, pemain Tim Nasional Basket Thailand U-16 Chayutt Hirunlertprasert menyebut para pemain Filipina mampu memanfaatkan celah pada sisi pertahanan timnya sehingga mereka bisa mencuri kemenangan.

Lebih lanjut, celah pada lini pertahanan itu dijadikan salah satu evaluasi oleh tim pelatih sebagai persiapan menatap laga terakhir melawan Malaysia, Rabu, 19 Juli 2023.

"Kami harus lebih baik dan lebih kuat bertahan. Kami juga mempersiapkan untuk pertandingan selanjutnya," ucapnya.  

Pada kuarter pertama pertandingan antara Tim Nasional Basket Putra Filipina U-16 melawan Tim Nasional Basket Putra Thailand U-16 berjalan sengit. Dua tim itu sama-sama mengincar kemenangan di gim kedua ini.

Namun memasuki pertengahan kuarter kedua Filipina tampil mendominasi, mereka mampu unggul 10-5 atas Thailand.

Memasuki akhir kuarter pertama, Tim Nasional Basket Filipina masih tak terbendung, mereka unggul 20-12 atas Thailand.

Tim Nasional Basket Putra Filipina U-16 sanggup mengamankan kuarter pertama dengan unggul delapan poin atau 21-13 atas lawannya.

Memasuki kuarter kedua, Filipina mampu mencetak empat poin tambahan, papan skor pun berubah menjadi 25-13.

Tak mau terus ditekan, para pemain Thailand tampil agresif. Hasilnya mereka sanggup memperkecil kedudukan menjadi 25-21 di pertengahan kuarter tersebut.

Kendati demikian upaya Thailand belum sanggup berbuah hasil di kuarter tersebut, sebab Filipina mampu menutup pertandingan dengan kedudukan 39-24.

Memasuki kuarter ketiga Filipina semakin menjauh di tengah upaya Thailand mengejar ketertinggalan poin. Tim Nasional Basket Filipina U-16 berhasil unggul perolehan poin 45-26 atas lawannya.

Timnas Nasional Basket Filipina U-16 pun sanggup mengunci kuarter ketiga dengan kemenangan 60-36 atas Thailand.

Filipina kembali menunjukkan keperkasaan atas Thailand di kuarter keempat. Tim asuhan Joshua Vincent Reyes menutup pertandingan dengan kemenangan 85-49.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023