Bupati Pamekasan Baddrut Tamam meraih penghargaan dari Dewan Koperasi Nasional Republik Indonesia (Dekopin RI) sebagai tokoh pembina koperasi terbaik atas keberhasilan-nya meningkatkan peran koperasi dalam memajukan ekonomi masyarakat.

Menurut Bupati Pamekasan Baddrut Tamam di Pamekasan, Jawa Timur, Jumat, penghargaan itu diserahkan di Lapangan Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (12/7).

"Terima kasih kepada semua elemen masyarakat yang telah berpartisipasi mendorong pertumbuhan ekonomi melalui koperasi dan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Sebab, koperasi dan UKM menjadi salah satu elemen terkecil penggerak ekonomi di tataran bawah," kata bupati.

Bupati menjelaskan, penghargaan itu bukan target utama dari realisasi program di bidang peningkatan ekonomi, melainkan bonus dari sederet capaian yang telah dilakukan selama ini.

Termasuk, sambung dia, bantuan permodalan kepala para pelaku UMKM dengan bunga nol persen selama satu tahun.

Pihaknya telah melaksanakan program wira usaha baru (WUB) dengan target sepuluh ribu selama kepemimpinannya.

Menurut bupati, program itu memfasilitasi masyarakat dengan memberikan pelatihan usaha gratis, bantuan modal dengan bunga nol persen, bantuan alat produksi, hingga fasilitasi pemasarannya.

"Penghargaan dari Dekopin ini sebagai penghormatan kepada pelaku koperasi, UMKM dan semua masyarakat Pamekasan," kata bupati.

Bupati muda ini mengaku, dirinya memang berkomitmen mendorong pertumbuhan ekonomi melalui program yang selama ini telah berjalan dan telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Komitmen menjadikan koperasi sebagai mitra UMKM, pinjaman dengan skema bunga nol persen untuk UMKM dan pembinaan koperasi sudah dirasakan oleh masyarakat Pamekasan dan ini terbukti bahwa Pamekasan termasuk kabupaten dengan pertumbuhan ekonomi baik, melebihi tiga kabupaten lain di Pulau Madura, yakni Bangkalan, Sampang dan Sumenep," katanya, menjelaskan.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023