Kepolisian Resor Madiun Kota, Jawa Timur, menyiagakan 1.500 personel gabungan dalam Operasi Aman Suro 2023 guna mengamankan perayaan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah atau malam 1 Sura oleh para pesilat di wilayah setempat.

Kapolres Madiun Kota AKBP Agus Dwi Suryanto menyebutkan personel tersebut merupakan gabungan dari anggota polres jajaran Korwil V yang meliputi Polres Madiun Kota, Polres Madiun, Polres Ngawi, Polres Magetan, dan Polres Ponorogo, serta Polda Jatim. Pengamanan juga ditambah personel dari TNI setempat.

"Berkenaan agenda dua perguruan pencak silat di Kota Madiun, kami siapkan penjagaan agar acara dapat berjalan aman, lancar, dan tertib, serta untuk menjaga kondusivitas kota," ujar AKBP Agus dalam kegiatan persiapan pengamanan 1 Muharam 1445 Hijriah Madiun, Jumat.

Menurut dia, pengamanan dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya penyekatan di pintu masuk kota, termasuk jalan-jalan alternatif yang menuju Kota Madiun. Seluruhnya akan dijaga personel dengan ketat untuk meminimalisasi pergerakan. Adapun 1 Sura 1445  Hijriah jatuh pada tanggal 19 Juli 2023.

"Pengamanan dan penyekatan mulai H-2 dan akan diperketat lagi pada H-1 dan hari-H, termasuk memantau pergerakan titik-titik rawan," katanya.

Tidak hanya itu, kata dia, komitmen tamu wajib lapor juga akan kembali dijalankan. Untuk itu, pihaknya mengajak jajaran RT dan RW untuk berpartisipasi mengamankan wilayahnya masing-masing. Adapun caranya dengan mendata orang masuk di wilayahnya serta memastikan urusan kedatangan tamu.

Selain itu, pihak berwajib juga akan menggelar sweeping di hotel dan tempat penginapan di Kota Madiun, serta mengantisipasi anggota perguruan yang masuk kota dengan kendaraan umum.

"Terutama pada kegiatan Suran Agung. Karena sudah ada komitmen acara hanya dihadiri perwakilan pengurus maksimal 10 orang dari setiap daerah. Maka, kami minta kerja sama dari perguruan juga untuk melakukan pendataan tamu yang akan hadir," kata dia.

Kapolres mengimbau seluruh komponen masyarakat untuk terlibat dalam menjaga keamanan dan ketertiban Kota Madiun.

"Aman adalah kebutuhan mendasar manusia, dan ini tanggung jawab yang melekat di setiap individu. Mari kita jaga tanggung jawab ini bersama sehingga keamanan dan kenyamanan Kota Madiun terwujud," katanya.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023