Kepolisian Resor (Polres) Malang melakukan aksi peduli lingkungan dengan membersihkan saluran air dan bantaran sungai yang tersumbat sampah, di sejumlah wilayah di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Wakapolres Malang Kompol Wisnu S Kuncoro di Kabupaten Malang, Kamis, mengatakan bahwa aksi peduli lingkungan tersebut dilakukan oleh ratusan personel yang berkolaborasi dengan komunitas dan masyarakat setempat.

"Kami membersihkan seluruh lingkungan-lingkungan di sekitaran kita. Di Kabupaten Malang ada 30 kepolisian sektor (polsek), semua melaksanakan," Wisnu.

Wisnu menjelaskan, personel Polres Malang melakukan pembersihan aliran sungai di Desa Mangunrejo, Kecamatan Kepanjen. Ratusan personel tersebut dibantu sejumlah elemen masyarakat untuk membersihkan saluran air dari tumpukan sampah.

Sampah-sampah tersebut, lanjutnya, dikumpulkan dalam wadah dan kemudian diangkut dengan menggunakan truk sampah untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir. Saluran-saluran air yang menjadi sasaran tersebut, kebanyakan dipergunakan untuk pengairan sawah.

"Banyak sumbatan maupun sampah yang ada di sungai, terlebih airnya digunakan untuk pengairan sawah, tentunya akan lebih efektif jika saluran air tidak ada kendala," katanya.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik mengatakan, aksi bersih lingkungan yang dilakukan Polres Malang dengan melibatkan sejumlah elemen masyarakat merupakan salah satu upaya untuk kebersihan lingkungan yang berdampak kepada masyarakat.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, diharapkan mampu meningkatkan kepedulian masyarakat setempat untuk lebih peduli dengan kebersihan lingkungan serta mampu mengelola sampah dengan baik dan tidak dibuang sembarangan.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk menimbulkan kesadaran yang tinggi kepada masyarakat agar lebih peduli lagi akan kebersihan lingkungan sekitar," katanya.

Ia berharap, kegiatan bakti lingkungan tersebut dapat dilakukan secara berkelanjutan guna menanamkan rasa kepedulian yang tinggi terhadap kebersihan lingkungan. Sehingga pada akhirnya akan tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

"Semoga ini menjadi berkelanjutan sehingga lingkungan menjadi bersih. Tentunya dapat mencegah terjadinya banjir maupun terhindar dari penyakit," katanya.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023