Perusahaan Daerah Taman Satwa atau pengelola Kebun Binatang Surabaya menambah jumlah satwa nokturnal yang akan dimunculkan di wahana "Surabaya Night Zoo" untuk menarik minat kedatangan pengunjung.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya Khoirul Anwar mengatakan terdapat delapan jumlah hewan yang akan ditambah.

"Penambahan satwa nokturnal, kami tampilkan 20 ekor menjadi 28 ekor, jenisnya aves sama reptil," ujar Khoirul kepada wartawan di Kebun Binatang Surabaya, Rabu.

Penambahan itu dilakukan seusai Perusahaan Daerah Taman Satwa melakukan evaluasi berjalannya program "Surabaya Night Zoo", langkah tersebut sebagai upaya meningkatkan progres wahana tersebut.

"Jadi kemarin ada 20 satwa nokturnal dan kami akan tambah menjadi 28 satwa. Kami terus melakukan langkah untuk pengembangan dan inovasi di night zoo, untuk evaluasi dilakukan tematik dua bulan sekali," katanya.

Selain hewan, manajemen juga berencana menambah sejumlah pertunjukan yang akan ditampilkan untuk menyambut kedatangan pengunjung "Surabaya Night Zoo".

"Ada inovasi baru untuk fire dance, titik atau lokasi untuk feeding time binatang nokturnal," ujar Khoirul.

Sementara itu, saat evaluasi pihak manajemen juga menutup sementara waktu wahana "Surabaya Night Zoo", tepatnya pada Minggu (9/7/2023).

Khoirul menyebut penutupan dilakukan lantaran jumlah reservasi pengunjung tak sesuai dengan kuota yang ditetapkan oleh pengelola. 

"Karena belum memenuhi kuota yang  minimal itu 100 orang. Kalau tidak terpenuhi kuotanya tidak kami paksakan untuk dibuka," ucap dia.

Di sisi lain, evaluasi itu juga untuk menemukan solusi untuk melakukan pemerataan sebaran pengunjung di setiap jam operasional wahana tersebut.

Khoriul menyebut pengunjung rata-rata memesan jam kunjungan pada pukul 18.15 hingga pukul 18.15 WIB.

"Peak-nya di sana, itu yang musti membuat kami kerepotan dan makanya Minggu lalu kemarin kami tidak buka, tetapi hari Sabtu minggu lalu kami buka," ucapnya.

Sebagaimana yang diketahui, Perusahaan Daerah Taman Satwa selaku pengelola Kebun Binatang Surabaya membuka program "Surabaya Night Zoo" sebagai sarana edukasi satwa nokturnal bagi masyarakat, khususnya anak-anak.

Pengelola "Surabaya Night Zoo" mematok harga tiket sebesar Rp100.000 bagi para pengunjung.

Namun, khusus wisatawan beridentitas sebagai warga Kota Surabaya mendapatkan diskon sebesar 25 persen sehingga cukup membayar Rp75.000.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023