Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya, Jatim, menyiapkan sembilan sapi kurban pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah yang jatuh pada Kamis (29/6).

Sekretaris PCNU Surabaya Masduki Thoha di Surabaya, Rabu, mengatakan dari sembilan ekor sapi tersebut, ada di antaranya yang merupakan sumbangan dari masyarakat. Rencananya penyembelihan hewan kurban dilakukan pada Jumat (30/6).

"Saat ini sapi-sapi tersebut sudah berada di Rumah Potong Hewan (RPH) Surabaya. Jumat (30/6) pagi dipotong, sampai di Bubutan (Kantor PCNU) sudah dalam bentuk kemasan, tinggal kami bagi," katanya.

Saat pembagian, kata dia, segenap pengurus mulai syuriah dan tanfiziah akan hadir di Kantor PCNU Surabaya. Selain itu sejumlah masyarakat yang ikut memberikan sumbangan hewan kurban.

"Tak ketinggalan anak-anak yatim piatu dari yayasan Nasrani kami undang untuk diberi bingkisan daging kurban. Ini bentuk dari kebersamaan dan toleransi serta moderasi beragama," ujar Gus Duki, sapaan akrabnya.

Ia menjelaskan daging kurban akan dibagi ke segenap lapisan masyarakat, di antaranya keluarga kurang mampu, pedagang kaki lima dan tukang becak di sekitar kantor PCNU, bahkan warga non-Muslim pun terdata sebagai penerima daging kurban.

"Semangatnya adalah merawat kebersamaan sebagai wujud syukur warga nahdliyin khususnya pengurus PCNU Surabaya," kata dia.

Dia menambahkan semangat berkurban pada Hari Raya Idul Adha menjadi salah satu pijakan pengurus PCNU Surabaya dalam berkhidmat kepada umat.

"Semangat ini harus kita gelorakan terus, agar tercipta keikhlasan dalam diri setiap pengurus sehingga ending-nya (tujuanya, red.) adalah semata-mata demi kemaslahatan umat, kebaikan bersama," ujar dia.

Pihaknya berterima kasih kepada mereka yang berpartisipasi dalam pelaksanaan kurban pada Idul Adha tahun ini.

"Baik yang Muslim maupun non-Muslim semua hebat, ayo dirawat terus kebersamaan ini," katanya.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023