Mahasiswa Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya (Ubaya), Carissa Maharani Latief, meraih juara 2 kategori Duet Free Routine Senior dan Duet Technical Routine Senior pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Festival Akuatik Indonesia 2023 cabang olahraga Renang Artistik.

"Saya mengikuti kejuaraan yang digelar tanggal 14 hingga 17 Juni 2023 ini bersama dengan Shabrina Septiherlita," kata Carissa dalam keterangannya diterima di Surabaya, Selasa.

Mahasiswi angkatan 2020 itu menyebut ini bukan kali pertama ia bersama timnya meraih juara. Tahun 2022 ia pernah mendapat tiga medali yaitu medali emas di nomor tim Technical Routine Senior dan 2 medali perak di Duet Free Routine Senior serta Team Combination Mixed Age. 

Walaupun begitu, alumnus SMA Kristen Cita Hati Surabaya itu mengaku perlombaan tahun ini memiliki tantangan tersendiri. 

"Kami merombak total konsep gaya renang mengingat perlombaan ini dekat dengan Pra PON. Lomba ini juga menjadi uji coba kami untuk Pra PON mendatang," kata Carissa. 

Ia menambahkan penggantian konsep ini juga mereka lakukan untuk meningkatkan skill gaya renang artistik. 

Pada Kejurnas kali ini, Carissa dan tim menyuguhkan gaya renang indah yang mengusung konsep musik dari negara China dan Italia. Persiapan dilakukan selama dua bulan dengan latihan 20-22 jam per minggu. 

Selama persiapan, Carissa bercerita bahwa ia mendapat banyak dukungan dari keluarga dan teman-teman terdekat. Dosen-dosen di Ubaya juga memberikan dukungan saat mereka tahu kalau saya harus lomba di Jakarta. 

Teman-teman di kampus pun selalu mengatakan kalau saya pasti bisa melaluinya, jelasnya. Ke depannya, ia dan tim akan fokus mempersiapkan Pra PON 2023 dengan target peringkat dua besar.

Festival Akuatik Indonesia merupakan kejuaraan nasional yang diselenggarakan oleh Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI).  Kejuaraan ini berlangsung dari tanggal 10-18 Juni 2023 dengan mempertandingkan lima cabang kejuaraan. 

Selain itu, kejuaraan ini juga menjadi babak kualifikasi PON 2024 Aceh dan Sumatera Utara. (*)

Pewarta: Willi Irawan

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023