Menjelajahi kawasan sejuk Prigen, Kabupaten Pasuruan, tidak lepas dari salah satu wisata edukasi populer di Jawa Timur, yaitu "Dairyland Farm Theme Park Prigen".

Suatu destinasi wisata edukasi terjangkau dan ramah anak, terlebih ada tempat untuk berinteraksi langsung dengan hewan peternakan yang menarik.

Selain sapi dan domba, ada juga hewan lain seperti unta, angsa, ayam, burung merpati, burung hantu, domba garut, musang, binatang reptil dan lain sebagainya.

Di kawasan Dairyland, wisatawan dapat langsung berinteraksi dengan para hewan, seperti memberi makan hingga foto bersama.

Setelah membeli tiket masuk, wisatawan akan disuguhi dua burung makaw dengan warna biru kuning dan merah hijau yang bertengger di kandangnya.

Tak jauh dari lokasi tersebut, pengunjung dapat memegang langsung musang bulan tanpa dihalangi jeruji besi yang mengekang hewan nocturnal tersebut.

Selain itu, jika ingin berinteraksi langsung dengan hewan ternak, pengunjung dapat memberi makan sapi perah yang telah disediakan, dengan hanya membeli tiketnya seharga Rp10 ribu per botol, untuk kemudian diberikan langsung ke sapinya.

Tentu, makanan yang disediakan bukan rumput atau bahkan dedaunan lain, tetapi sebuah botol dot yang berisi seperti susu namun berwarna hijau muda.

Dengan lahap, sapi tersebut meminumnya hingga habis tak tersisa. Selain itu, di kandang yang berisi sekitar tujuh sapi tersebut, pengunjung dapat memegang tanpa khawatir takut diseruduk bahkan bisa juga berfoto dengan hewan yang termasuk dalam spesies Bos taurus itu.

Tak jauh dari kandang sapi perah, terdapat juga domba jenis Merino asal Australia yang telah dikembangkan biakan dengan baik di Dairyland.
 
Pengunjung bersama anaknya memberi makan Domba Merino di Dairyland Farm Theme Park Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (20/6/2023). ANTARA/HO-CCA


Dengan hanya membeli makanan seharga lima ribu rupiah, berupa potongan wortel yang dimasukkan ke dalam gelas plastik, wisatawan dapat masuk ke kandang domba tersebut, bahkan dapat mengajak anak-anak, namun tetap harus dengan pengawasan orang tua dan keeper.

Tentunya, hal itu akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi anak-anak, karena bisa berinteraksi langsung di dalam kandang dengan para domba dari Negeri Kanguru tersebut.

Bukan edukasi peternakan jikalau tidak ada hewan lainnya yang dipertontonkan, jika sedikit berjalan lagi, pengunjung akan melihat beberapa hewan lainnya yang bisa diberi makan juga.

Beberapa hewan tersebut ada rusa, domba garut, unta, burung unta, kuda poni hingga hewan pengerat seperti guinea pig.

Masuk di kawasan Dairyland cukup terjangkau, hanya dengan membayar Rp20 ribu per orang pada weekday dan Rp30 ribu pada weekend, pengunjung sudah dapat menikmati wisata edukasi peternakan yang menakjubkan.
 
Pengunjung mengejar Ayam mutiara di Dairyland Farm Theme Park Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (20/6/2023). ANTARA/Naufal Ammar Imaduddin


Selain Dairyland, jika ingin berkunjung di tempat lain, ada juga sejumlah paket tiket masuk yang ditawarkan, mulai dari Rp35 ribu hingga Rp95 ribu. 

Seperti mengunjungi museum susu, yang di dalamnya terdapat informasi dan edukasi yang berkaitan dengan susu maupun olahannya.

Selanjutnya, ada museum Lulu dengan 3D Trik Art, sebuah tempat dengan banyak lukisan tiga dimensi yang tampak bila difoto akan terlihat seperti aslinya.

Kemudian, De Windmills, lokasi penuh dengan kincir angin warna-warni, cocok bagi pengunjung yang ingin menambah koleksi foto di galeri pribadi maupun sosial media, karena tempatnya sangat instagramable.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023