Heppiii Community membuka ruang aktivitas di beberapa daerah dengan melibatkan peran komunitas karang taruna dengan tajuk "Pasar Hepiii", sebagai upaya membantu masyarakat mendapatkan pasokan sembako murah.

Koordinator Heppiii Community, Ronald Theo Lesmana menyebut "Pasar Hepiii" digelar secara bergantian di ratusan wilayah desa di 17 kabupaten dan kota.

"Rangkaian kegiatan pasar Heppiii sudah berlangsung sejak awal bulan Juni ini," kata Ronald melalui keterangan tertulis, Rabu.

Beberapa daerah yang disasar kegiatan tersebut, yakni Banyuwangi, Bojonegoro, Jember, Jombang, Madiun, Pamekasan, Probolinggo, Sidoarjo, Lumajang, Pasuruan, Ponorogo, Situbondo, Tuban, Kediri, dan Mojokerto.

Acara serupa juga dilaksanakan di sejumlah daerah di Kalimantan, seperti Kabupaten Pangkalan Bun dan Kota Banjarmasin.

Dia menyebut komunitas karang taruna yang terlibat dalam "Pasar Heppiii" memiliki visi dan misi yang sama untuk kepentingan masyarakat. 

"Di setiap program Pasar Heppiii, selain menjual sembako murah, karta-karta yang menjadi bagian Heppiii Community juga menggelar atraksi seni budaya setempat. Kegiatan ini penting untuk membangun hubungan yang harmonis di antara masyarakat dan merawat kekayaan budaya lokal agar tetap dikenal oleh generasi muda," ucap dia.

Ronald juga menyebut Hepiii Community juga memberikan ruang bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di masing-masing desa untuk membuka lapak di "Pasar Hepiii".

Diharapkan hal tersebut dapat membantu memajukan perekonomian masyarakat setempat.

"Rangkaian kegiatan pasar Heppiii sudah berlangsung sejak awal bulan Juni ini. Kami bersyukur dukungan masyarakat luar biasa dan karta-karta yang menjadi bagian dari Heppiii Community juga telah bekerja dengan sangat baik," ucapnya.

Sementara itu, kegiatan kegiatan Pasar Heppiii di Probolinggo, Jawa Timur ditutup dengan hiburan kesenian singo wongso. Kegiatan ini dilaksanakan di Karang Taruna Pohsangit Leres, Kecamatan Sumberasih.

Kesenian singo wongso itu menampilkan tari-tarian yang diiringi dengan musik gamelan. Kesenian ini biasa disajikan saat acara-acara tertentu atau hajatan di desa.

"Kesenian ini dimainkan beberapa orang penari, ini baru pertama kami tampil di acara Pasar Heppiii," kata Ketua Karta Pohsangit Leres, Probolinggo, Abdul Khalim.(*)
 

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023