Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur membagikan sebanyak 125.026 seragam sekolah gratis untuk pelajar SD, MI, SMP, MTs dan MA yang tidak mampu menjelang tahun ajaran baru di kabupaten setempat.

Bantuan seragam sekolah diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati kepada perwakilan siswa masing-masing di Kantor Bupati Lumajang, Rabu (21/6).

"Program itu bagi merupakan program utama kami, hal yang membahagiakan bagi kami berdua dan masyarakat. Itu luar biasa dampaknya, mendapatkan perhatian besar dari masyarakat karena kami tahu kain seragam tidak murah," kata Wabup Lumajang Indah Amperawati.

Menurutnya, penyediaan bantuan seragam sekolah untuk jenjang SD, MI, SMP dan MTs dianggarkan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang sebagai pengampu program, sedangkan untuk jenjang madrasah aliyah (MA) dianggarkan melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Lumajang.

"Bantuan seragam sekolah bagi siswa baru merupakan salah satu dari 20 Program Strategis Bupati dan Wakil Bupati Lumajang. Bantuan itu diharapkan mampu meringankan beban pendidikan bagi wali murid baru, terutama bagi keluarga kurang mampu," katanya.

Wabup yang biasa dipanggil Bunda Indah berharap adanya berbagai bantuan pendidikan dan berbagai kemudahan pelayanan pendidikan menjadikan anak-anak pelajar semangat belajar, memiliki kepribadian "berakhlakul karimah", sukses dan harapan yang dicita-citakan bisa tercapai.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang Agus Salim mengatakan bahwa pada Tahun Anggaran 2023, pihaknya telah menganggarkan belanja kain untuk jenjang SD/MI sebesar Rp3,8 miliar dan jenjang SMP/MTs sebesar Rp3,4 miliar.

"Total Pemkab Lumajang menyediakan bantuan seragam sekolah untuk jenjang SD, MI, SMP dan MTs sebanyak 101.834 potong dan jenjang MA sebanyak 23.192 potong," ujarnya.
 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023