Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar kirab pemilu sebagai rangkaian menyambut Pemilihan Umum 2024.

"Untuk kirab di Kabupaten Kediri, kami langsung serah terima dari KPU Kota Blitar ke KPU Kabupaten Kediri," kata Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Sosdiklih Parmas Nanang Qosim di Kediri, Minggu.

Pihaknya mengungkapkan, kirab ini sekaligus sosialisasi tentang partai peserta Pemilu 2024, bendera partai, tanggal pelaksanaan Pemilu 2024.

Selain itu, dalam kegiatan ini sekaligus memberikan imbauan kepada masyarakat untuk hadir memberikan hak suaranya di tempat pemungutan suara (TPS) saat Pemilu 2024.

Sementara itu, kegiatan kirab Pemilu 2024 di Kabupaten Kediri dipusatkan di area Simpang Lima Gumul (SLG) serta Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri yang lokasinya juga berada di kawasan SLG.

Setelah rombongan KPU Kota Blitar hadir, langsung dijemput ke lokasi acara dengan kendaraan cikar, yang merupakan kendaraan tradisional zaman dahulu. Penggunaan alat transportasi ini sekaligus sebagai bentuk penghormatan budaya yang ada di Kabupaten Kediri.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga ada atraksi drumband SMA 5 Taruna dan reog kuda lumping Putra Panji Laras. Terdapat juga Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang tampil, membawa bendera, dan beberapa penampilan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut sekaligus dilakukan serah terima bendera kirab partai politik peserta Pemilu 2024 yang dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima bendera peserta Pemilu 2024 tersebut.

Nanang mengatakan, kegiatan kirab Pemilu 2024 yang digelar di Kabupaten Kediri tetap tidak meninggalkan unsur budaya, yang dikemas dengan berbagai atraksi maupun dari penampilan jajaran KPU Kabupaten Kediri.

Pihaknya menambahkan, setelah kegiatan ini selesai, ke depan sudah ada beberapa agenda sosialisasi dengan berbagai unsur di Kabupaten Kediri, di antaranya dengan masyarakat, mahasiswa, selawatan, hingga nonton bareng di kantor KPU Kabupaten Kediri.

Dengan program-program tersebut diharapkan masyarakat semakin terdukasi dan semakin mengerti terkait dengan agenda Pemilu 2024 dan pesertanya.

Untuk penyerahan bendera ke KPU Kota Kediri, Nanang mengatakan akan dilakukan pada 21 Juni 2024.

"Kami serah terima ke KPU Kota Kediri pada 24 Juni 2024 dengan diiringi mobil jip untuk kirabnya," kata dia.

Hadir juga dalam kegiatan itu, Ketua Divisi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro, Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto, Ketua KPU Kota Blitar Choirul Umam, Bawaslu, perwakilan partai politik, Forkopimda Kabupaten Kediri hingga tokoh masyarakat.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023