Kepolisian Resor (Polres) Situbondo, Jawa Timur, Sabtu, menggelar lomba balap sepeda dalam rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun ke-77 Bhayangkara sekaligus memasyarakatkan olahraga khususnya balap sepeda.

Lomba balap sepeda yang dikemas dalam tajuk "Kapolres Situbondo Criterium Race 2023" ini diikuti ratusan atlet balap sepeda dan berlangsung di sirkuit Jalan Raya PB Sudirman Kabupaten Situbondo.

"Lomba balap sepeda ini tujuan utamanya adalah untuk mengenalkan Situbondo kepada masyarakat luas karena lomba ini tidak hanya untuk masyarakat lokal saja, namun banyak peserta yang berasal dari luar daerah, di antaranya Kalimantan, Jakarta, Bali, dan Bogor serta sejumlah daerah lainnya," ujar Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto kepada wartawan di Situbondo, Jatim.

Namun demikian, menurut Kapolres, antusiasme masyarakat lokal untuk mengikuti balap sepeda masih sangat kurang karena minimnya jumlah peserta lokal yang hanya mencapai 25 orang saja, selebihnya adalah peserta dari luar Kabupaten Situbondo, seperti Bandung, Jakarta, Kalimantan Timur, dan lainnya.

"Melalui kegiatan ini, kami optimistis mampu memberikan dampak positif untuk Kabupaten Situbondo karena akan lebih mengenalkan Situbondo ke daerah luar. Dengan harapan, para investor akan berdatangan berinvestasi di Situbondo," katanya.

"Kapolres Situbondo Criterium Race 2023" ini diikuti oleh sekitar 300 peserta, dengan 11 nomor lomba mulai dari usia 7 tahun hingga 50 tahun.

Lomba balap sepeda tersebut juga terselenggara atas kerja sama dengan Pasir Putih Water Sport Situbondo, Jatim.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi menyampaikan selamat dan sukses atas digelarnya agenda balap sepeda tersebut.

"Ini kegiatan yang pertama dilaksanakan di Situbondo. Ini sangat luar biasa dan kami ingin kegiatan semacam ini menjadi agenda Pemerintah Kabupaten Situbondo," ujarnya.

Bupati mengatakan, dengan diikuti pebalap sepeda dari berbagai daerah akan berdampak positif untuk Kabupaten Situbondo.

"Agenda ini tentunya membuat Situbondo bisa dikenal masyarakat luas. Artinya kita harus bersama-sama mengenalkan kabupaten kita ini. Terima kasih Pak Kapolres Situbondo. Selain itu diharapkan juga akan lahir atlet-atlet balap sepeda," ujarnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023