Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Magetan menggelar bakti sosial religi dengan membersihkan kompleks bangunan Vihara Vimalakirti di Dusun Wonomulyo, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan yang merupakan tempat ibadah umat Buddha.

Kapolsek Poncol AKP Sukarno mengatakan kegiatan membersihkan tempat ibadah merupakan bentuk kontribusi Polri terhadap masyarakat untuk menunjukkan sikap toleransi, kerukunan, kebersamaan, serta gotong royong.

"Bakti sosial religi ini bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat dalam menunjukkan sikap netral, toleransi, kerukunan dalam kebersamaan, serta gotong royong," ujar AKP Sukarno di sela kegiatan, Jumat.

Selain itu, kegiatan bhakti sosial religi tersebut juga dalam rangka rangkaian Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 Polres Magetan.

"Tujuannya membangun semangat gotong-royong dan harmoni antara umat beragama dalam masyarakat yang beragam," kata dia.

Dalam kegiatan tersebut, jajaran Polres Magetan bersama umat Buddha setempat dan Koramil Poncol bergotong royong membersihkan lantai, gedung, dan halaman vihara.

Kegiatan juga diikuti dengan penyerahan bantuan ke pengurus dan beberapa warga yang membutuhkan sebagai bentuk kepedulian Polri dalam rangka menjalin sinergi dengan rumah-rumah ibadah di Kabupaten Magetan

"Jadi selain kerja bakti pembersihan sekitar lingkungan tempat ibadah, kami juga menyerahkan bantuan bingkisan. Kami berharap dengan bantuan ini, bisa membantu dan bermanfaat untuk kita semua," katanya.

Pengurus Vihara Vimalakirti Winarno menyatakan apresiasinya atas kegiatan kerja bakti bersih-bersih dengan ikhlas dan penuh semangat yang dilakukan Polres Magetan.

"Kami terharu melihatnya. Saya pribadi berterima kasih kepada Polri, terutama Polres Magetan, yang secara tulus ikhlas membersihkan tempat ibadah kami," tutur Winarno.

Tentu, kegiatan sosial religi tersebut sangat bermanfaat bagi umat Buddha sehingga memberikan kenyamanan saat beribadah.

Selain kerja bakti sosial religi, rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 Polres Magetan juga digelar donor darah, olah raga bersama, anjangsana serta beberapa kegiatan sosial lainnya.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023