Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur melakukan penilaian kunjungan lapangan ke Kota Madiun sebagai salah satu dari lima nominator kabupaten/kota Ibangga Awards (kabupaten/kota peduli pembangunan keluarga) provinsi setempat tahun 2023.

Ketua Tim Penilai Ibangga Award 2023, Lutfi Agus Salim mengatakan Ibangga atau indeks pembangunan keluarga merupakan ukuran program pembangunan keluarga yang ditunjukkan melalui dimensi ketentraman, kemandirian, dan kebahagiaan untuk menggambarkan peran dan fungsi keluarga di sebuah wilayah.

"Indeks pembangunan keluarga di Kota Madiun angkanya 60,52. Ini jarang dialami daerah-daerah lain. Jawa Timur saja masih jauh dari angka 60," ujar Lutfi saat meninjau dan melakukan penilaian lapangan di Lapak UMKM Bumi Semendung Kelurahan Klegen, Kota Madiun, Kamis.

Menurut dia, Ibangga juga menjadi salah satu indikator penting yang digunakan dalam mengukur keberhasilan upaya membangun kualitas keluarga yang dapat diklasifikasikan wilayah dengan status pembangunan keluarga tangguh, berkembang dan rentan.

Pada level nasional, Ibangga memiliki target sebesar 61 pada tahun 2024. Capaian Provinsi Jawa Timur pada tahun 2021 memiliki angka Ibangga sebesar 55,56 dan pada tahun 2022 sebesar 57,87.

Dengan hasil Ibangga Kota Madiun yang mencapai 60,52, maka pihaknya menilai hal tersebut cukup tinggi.  Kota Madiun layak masuk nominator Ibangga Award tersebut. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bisa mendapatkan penghargaan.

Hal itu didukung hasil penilaian lapangan dari sekitar 17 indikator yang dinilai, sebagian besar mengalami peningkatan cukup signifikan. Seperti indikator ketentraman yang naik lima poin dan kemandirian yang naik dua poin. Namun, tentu capaian tersebut masih bisa semakin ditingkatkan.

"Seperti indikator kemandirian, bisa ditingkatkan dari faktor soal pekerjaan, keterampilan masyarakat, pelatihan tenaga kerja yang berbasis kompetensi, dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi," katanya.

Ia menjelaskan, pembangunan keluarga merupakan hal yang penting bagi sebuah daerah karena keluarga sebagai bagian terkecil dari masyarakat yang memiliki peran sangat penting dalam membentuk karakter, nilai, dan kualitas sumber daya manusia (SDM) di wilayah.

Untuk mendorong komitmen pemerintah dan institusi lain dalam meningkatkan kualitas pembangunan daerah melalui berbagai program dan inovasinya, pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui DP3AK Provinsi Jatim menyelenggarakan lomba Ibangga Awards Provinsi Jawa Timur tahun 2023.

Lomba itu dilakukan sebagai rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXX tahun 2023 serta guna mempromosikan pentingnya keluarga dalam kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat melalui pembangunan keluarga.

Tujuan dari Ibangga Awards, antara lain untuk mempromosikan pentingnya keluarga dalam kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat melalui pembangunan keluarga; mengenalkan Ibangga; dan mendorong komitmen pemerintah serta institusi lainnya untuk meningkatkan kualitas pembangunan keluarga di daerah melalui berbagai program dan inovasinya.

Dalam ajang tersebut ada 5 nominator kab/kota yang masuk dalam Ibangga Awards Provinsi Jatim 2023. Yaitu Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, dan Kota Madiun.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023