Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komisaris Jenderal Polisi Ahmad Dofiri meresmikan Gedung Satgas Saber Pungli UPP Provinsi Jawa Timur di Jalan Ngagel Jaya Surabaya, Rabu.

Ahmad Dofiri mengatakan peresmian gedung tersebut merupakan wujud keseriusan Pemerintah dalam memberantas pungutan liar (pungli) di masyarakat.

"Jadi, pungli itu betul-betul meresahkan masyarakat, mengganggu investasi, menyebabkan ekonomi biaya tinggi, dan pasti semua masyarakat tidak suka dengan adanya pungli," kata mantan Kapolda Jawa Barat itu.

Ahmad Dofiri yang juga Kepala Dewan Pelaksana Satgas Saber Pungli menyampaikan bahwa pembentukan posko saber pungli itu dalam rangka semangat koordinasi, sinkronisasi dan integritas.

"Satgas saber pungli itu sejatinya adalah mengoptimalkan struktur, personel, sarana dan prasarana yang sudah ada, baik kementerian, lembaga maupun yang ada di pemerintah daerah," imbuhnya.

Menurut dia, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendukung satgas saber pungli untuk memberantas kasus pungutan liar di daerah tersebut.

"Jawa Timur sangat luar biasa dukungan pemerintah daerah terhadap saber pungli itu diwujudkan dengan dukungan anggaran dari APBD-nya. Kedua, yaitu dengan pendirian posko saber pungli," katanya.

Dia berharap semangat itu terus digelorakan dan mengutamakan sisi pencegahan.

"Pencegahan itu perbaikan sistem kemudian juga menyosialisasikan, sehingga kultur masyarakat untuk menolak pungli terus menggelora," ujar perwira tinggi berpangkat tiga bintang di pundak tersebut.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023