UKM Paduan Suara Universitas Surabaya mengadakan kompetisi menyanyi nasional 8th FESPA UBAYA 2023 bertajuk "Jaya Nusantara" yang diikuti ratusan peserta dari berbagai kalangan usia.

"Festival Paduan Suara Universitas Surabaya (FESPA) merupakan serangkaian kegiatan tahunan berupa kompetisi paduan suara, kompetisi solo, dan workshop tingkat nasional yang diselenggarakan oleh UKM Paduan Suara Universitas Surabaya," kata Ketua Acara Fespa 2023, Polo Valentine Glory Victoria, dalam keterangannya, Senin.

Kompetisi nasional menyanyi itu digelar tanggal 30 Mei hingga penutupannya pada 3 Juni 2023.

Dia menyebut tema "Jaya Nusantara" diambil menjadi tema tahun ini karena memiliki tujuan untuk mengenalkan ragamnya budaya di Indonesia.

"Selain itu, tema ini juga dipilih sebagai rasa syukur atas kembali diadakannya FESPA secara luring setelah masa pandemi," ujarnya.

Acara diawali dengan Choral Clinic pada 30 Mei 2023. Choral Clinic adalah salah satu bagian wajib dari rangkaian acara FESPA, yakni para peserta dibimbing oleh pelatih skala nasional.

Kemudian dilanjutkan dengan lomba beragam kategori, antara lain kategori paduan suara serta kategori vokal solo seriosa dan pop yang diikuti oleh anak dan dewasa.

Tak hanya itu, ada pula workshop "Maximizing Performance Quality" untuk memperlengkapi persiapan para peserta. Workshop tersebut dibawakan oleh Aning Katamsi yang merupakan salah satu soprano Indonesia yang menekuni musik klasik seriosa.

Wakil Rektor III Ubaya, Dr. Dra. Christina Avanti, M.Si., Apt. menyampaikan apresiasinya terhadap pencapaian yang diraih oleh para peserta.

"Saya juga bangga dengan UKM Paduan Suara Ubaya. Awalnya FESPA ini bersifat regional, saat ini sudah berada di tingkat nasional. Ini tentu suatu pencapaian yang patut diapresiasi," ujarnya.

Ia berharap, acara ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi para peserta lomba agar dapat terus berkarya.(*) 

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023