Peraih medali emas cabang olah raga e-sport pada SEA Games XXXII 2023 Kamboja Michelle Danise dan Cindy Laurent mengapresiasi penghargaan lelencana Jer Basuki Mawa Beya dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
 
Selain mendapat lencana, keduanya juga mendapat uang pembinaan masing masing Rp60 Juta yang diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.
 
"Tentu senang ya, intinya pemerintah sangat mengapresiasi usaha kita, dan perjuangan kita selama tiga bulan, mulai Februari di pelatnas untuk latihan itu dibayar dengan penghargaan ini," kata Michelle, saat ditemui wartawan usai penerimaan penghargaan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis.
 
Sementara itu, adik dari Michelle, Cindy berharap dengan adanya apresiasi tersebut dapat menggugah semangat atlet lainnya untuk meraih medali dan mengharumkan nama negara di berbagai ajang termasuk Jawa Timur.
 
"Semoga ini jadi harapan baru bagi saya, juga atlet lainnya terutama di olahraga e-sport yang kebayakan di dominasi cowok. Semoga setelah ini muncul bibit atlet e-sport cewek baru, sehingga kompetensi e-sport cewek bisa bersaing," ucapnya.
 
Selain itu, Ketua Harian E-Sport Indonesia (ESI) Jawa Timur Daniel Agung, mengaku puas atas capaian dua atlet asal Banyuwangi tersebut, karena keduanya adalah atlet e-sports wanita pertama yang menyumbangkan emas untuk Indonesia.
 
"Tentu senang ya, apalagi adanya apresiasi dari Bu Gubernur Jawa Timur dan adanya bonus atau uang pembinaan. Ini akan menjadi langkah awal untuk membangkitkan e-sport," tuturnya.
 
Daniel menjelaskan, potensi atlet e-sport Jawa Timur cukup besar dan pihaknya akan berusaha mewadahi dengan menggelar kompetisi yang berkelanjutan, sehingga jalur para atlet ke ranah prestasi tertata dengan baik, mulai dari pendidikan hingga lainnya.
 
"Kita lihat dua atlet ini dari ujung Jawa Timur, yakni Banyuwangi dan membuktikan bahwa mereka bisa menyumbangkan emas untuk Indonesia. Sehingga tidak menutup kemungkinan ke depan akan muncul potensi lain tidak hanya Michelle dan Cindy tapi ada nama nama baru dari Jawa Timur," ujar Daniel.
 
Seperti diketahui, Michelle dan Cindy merupakan kakak beradik yang tergabung di Tim Nasional Indonesia Esports nomor Mobile Legend. Keduanya juga sempat viral ketika final mengalahkan Filipina dengan skor 3_2.
 
Michelle dan Cindy saat ini juga sedang menempuh pendidikan di Universitas Ciputra Surabaya, dan keduanya juga tergabung dalam tim BTR squad Belletron ERA.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023