Warga Stren Kali Jagir Surabaya menerima pelatihan pemberdayaan perempuan dalam program jejak berantai perempuan bergerak by Havy Mahayaa.

Founder Perempuan Bergerak By Hayy Maahayaa, Ahaddiini Hayyu Maahayaati , dalam keterangannya di Surabaya, Senin, mengatakan kegiatan pemberdayaan perempuan ini sebelumnya juga digelar di Mojokerto, Jombang, Sidoarjo, Kediri dan Bangkalan.

"Kegiatan ini dilakukan di wilayah Stren Kali Jagir berdasarkan banyaknya perempuan dengan berbagai macam latar belakang untuk bertahan hidup di wilayah marginal kota besar agar dapat meraih segala hak sebagai perempuan secara maksimal pada segala bidang," ucapnya.

Selain itu, kata dia, adalah juga sebagai wujud dedikasi "Perempuan Bergerak By Hayy Maahayaa" kepada Kota Pahlawan yang berusia 730 tahun pada akhir Mei tahun ini.

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan warga ini membuat hiasan untuk diaplikasikan pada kue serta menempelkan label sebagai uji coba produk berciri khas perempuan Stren Kali Jagir.

"Kami juga menampilkan produk sandang dengan label "Ning Jagir" untuk produk pakaian, topi dan tas yang bertujuan menumbuhkembangkan semangat berwirausaha dalam rangka turut serta mendukung pergerakan kemandirian perempuan Stren Kali Jagir," katanya.

Menurut dia, label "Ning Jagir" adalah sebuah wujud kepedulian untuk para perempuan Stren Kali Jagir sebagai usaha kemandirian dalam rangka menumbuhkembangkan semangat penciptaan sebuah produk dalam melatih kemandirian.

"Selain itu sebagai modal dan jalan untuk melawan ketidakadilan gender termasuk perihal kekerasan seksual," ucapnya.

Salah seorang warga stren kali Jagir, Narti, mengungkapkan sangat senang dengan adanya kegiatan ini terlebih adanya edukasi mengenai kekerasan seksual

"Saya sangat senang, semoga kedepannya berjalan dengan lancar dan semoga warga stren kali bisa memahami pelajaran kekerasan terhadap perempuan, terlebih untuk anak ABG disini, wawasan yang sangat bagus", jelas Narti yang seorang Ibu Rumah Tangga pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ia berharap program pemberdayaan Jejak Berantai secara kontinuitas menggandeng para feminis di setiap daerah tempat diadakannya program pemberdayaan.

"Bergerak bersama saling mendukung sesama perempuan sebagai usaha dalam rangka turut memajukan kaum perempuan termasuk perihal melawan kekerasan seksual serta ketidakadilan gender," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023