Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi Festival Olahraga Masyarakat Daerah (FORDA) yang dijadwalkan berlangsung di Kota Malang, 27 - 30 Mei 2023. 

"Festival ini diselenggarakan oleh Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Jatim bersama KORMI Kota Malang sebagai panitia pelaksana," katanya di Surabaya, Sabtu. 

Gelaran FORDA tersebut akan dibuka oleh Gubernur Khofifah pada tanggal 27 Mei 2023 di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Kota Malang. 

"Alhamdulillah, ini adalah penyelenggaraan FORDA pertama di Jatim. Festival ini akan menjadi ajang untuk memperkenalkan jenis-jenis olahraga yang berbasis budaya di masyarakat," ujarnya. 
Khofifah mengajak seluruh masyarakat, di Jatim khususnya, untuk ikut hadir dan memeriahkan ajang tersebut. 

"Pada ajang ini akan ada banyak jenis olahraga yang mudah dikenali sebagai bagian dari budaya dan kearifan lokal Jawa Timur. Sekaligus juga olahraga modern yang juga luar biasa," ucapnya.

Mantan Menteri Sosial itu mengungkapkan pesan utama FORDA adalah bagian dari cara menemukenali keberagaman, kearifan lokal, dan semua kekayaan budaya. Termasuk jenis-jenis olahraga berbasis kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang di masing-masing daerah. 

"Kita berharap dengan diadakannya FORDA akan bisa memberikan dampak positif ke masyarakat. Sehingga olahraga yang berawal dari tradisi ini bisa menjadi prestasi. Demikian pula dengan olahraga modern juga bisa makin digemari di masyarakat," tuturnya.
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023