Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menerima berkas pendaftaran atau pengajuan persyaratan pencalonan dan syarat bakal calon legislatif DPRD kabupaten dari PDI Perjuangan dan Partai NasDem di kantor KPU setempat, Kamis.

Ketua KPU Kabupaten Banyuwangi Dwi Anggraini Rachman mengatakan bahwa setelah tim melakukan pemeriksaan dan meneliti berkas pengajuan persyaratan pencalonan dan syarat bakal caleg dinyatakan lengkap dan benar sesuai yang disyaratkan.

"Berkas pengajuan dari PDI Perjuangan setelah dicek lengkap dan berkas kami terima, termasuk pada aplikasi pencalonan (silon) juga komplet," kata Dwi Anggraini kepada wartawan di Banyuwangi.

Sementara itu, Partai NasDem yang juga mengajukan berkas persyaratan pencalonan dan syarat bakal caleg di hari yang sama, katanya, juga sudah dinyatakan lengkap dan benar oleh tim.

"Berkas pengajuan dari Partai NasDem juga lengkap, termasuk di aplikasi pencalonan komplet/lengkap. Jadi kami terima," kata Dwi Anggraini.
 
Pengurus DPC Nasdem Banyuwangi konferensi pers usai menyerahkan berkas ke KPU. Kamis
(11/5/2023) ANTARA/Novi Husdinariyanto


Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi, I Made Cahyana Negara berharap partai yang dinakhodai bisa hattrick pada Pemilu 2024.

"Kami targetkan dalam pemilihan legislatif tahun depan kemenangan mutlak. Target 23 kursi dari 50 kursi di DPRD Kabupaten Banyuwangi," kata Made, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai NasDem Kabupaten Banyuwangi, Zamroni menargetkan dua kali lipat perolehan kursi di DPRD kabupaten, dari 5 kursi menjadi 10 kursi.

"Kami telah melakukan strategi penguatan hingga akar rumput. Formasi perubahan dari 5 dapil menjadi 8 dapil sudah dipersiapkan oleh Nasdem," ucapnya.

ANTARA melaporkan, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi, I Made Cahyana Negara bersama dengan puluhan bakal caleg dari partai berlambang moncong putih itu menggunakan becak dari kantor DPC ke kantor KPU setempat.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023