Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi aplikasi Haji Pintar yang dikembangkan Kementerian Agama (Kemenag) untuk mendukung kemudahan akses pelaksanaan ibadah haji yang dapat dimanfaatkan para jamaah.

"Para jamaah bisa memanfaatkannya untuk kelancaran keberangkatan ibadah haji," katanya di Surabaya, Jumat.

Penyelenggaraan ibadah haji di wilayah Jatim akan dimulai pada 23 Mei 2023, yaitu jamaah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 1 memasuki Asrama Haji Surabaya.
   
Berturut-turut 24 Mei - 7Juni 2023 adalah jadwal keberangkatan jamaah calon haji gelombang 1 ke tujuan Madinah, yang selanjutnya bergerak menuju Makkah pada 2 -16 Juni 2023. 

Pemberangkatan jamaah calon haji gelombang 2 tujuan Jeddah dijadwalkan tanggal 8 - 22 Juni 2023. 

Kemudian Jamaah haji berangkat dari Makkah ke Arafah pada 26 Juni 2023, selanjutnya menjalani wukuf di Arafah pada 27 Juni 2023 dan Idul Adha pada 28 Juni 2023.

Pemulangan jamaah haji gelombang 1 dan 2 dijadwalkan mulai 4 Juli hingga terakhir 3 Agustus 2023.  

Khofifah mengungkapkan aplikasi Haji Pintar bisa dimanfaatkan untuk mengakses jadwal penerbangan, layanan transportasi darat, rute jamaah haji, akomodasi dan katering di Makkah, Madinah maupun Arafah Mina, informasi kesehatan, "SMS Center", manasik, posisi jamaah dan petugas, dan informasi penting lainnya. 

Diperoleh keterangan aplikasi Haji Pintar pertama kali digunakan pada tahun 2015. Aplikasi Haji Pintar kini dapat diunduh gratis melalui telepon seluler berbasis Android. Fokusnya lebih sebagai sarana untuk memudahkan jamaah haji dalam menyampaikan keluhan terkait layanan yang diterima atau untuk cek lokasi hotel seandainya terpisah dari rombongan atau lupa arah pulang.

Aplikasi Haji Pintar telah terintegrasi dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) secara daring dan real time

Untuk mengetahui data jamaah haji melalui aplikasi ini, maka diperlukan log in dengan input data jamaah serta nomor porsi.

Gubernur Khofifah menjelaskan melalui aplikasi Haji Pintar, keluarga di Tanah Air dapat mengetahui posisi sanak familinya yang sedang menunaikan ibadah di Arab Saudi.

"Bahkan di aplikasi ini juga telah ter up grade dengan fitur baru seperti Al-Quran, jadwal shalat, informasi ziarah baik di Makkah dan Madinah, nilai tukar rupiah yang selalu up date tiap harinya, dan rencana perjalanan ibadah haji," tuturnya. 

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023