Pemerintah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, mencatat sebanyak 46 ribu wisatawan mengunjungi sejumlah tempat wisata selama liburan Lebaran tahun 2023 yang berlangsung sejak 19 hingga 26 April.

"Data Dinas Pariwisata mencatat total kunjungan wisatawan ke Kabupaten Ngawi selama libur Lebaran mulai tanggal 19 hingga 26 April 2023 mencapai lebih dari 46 ribu orang," ujar Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Ngawi Wiwien Purwaningsih di Ngawi, Rabu.

Menurut dia, dari jumlah kunjungan tersebut terpantau di tiga lokasi wisata utama yang ada di Ngawi, yakni wisata air terjun Srambang Park di Kecamatan Jogorogo, Kebun Teh Jamus di Kecanatan Sine, dan Taman Wisata Tawun Ngawi.

"Untuk jumlah kunjungan di Srambang Park mencapai 27 ribu orang selama libur lebaran kemarin. Sedangkan Kebun Teh Jamus tercatat sekitar 13 ribu pengunjung dan Taman Tawun sekitar 6 ribuan pengunjung," terangnya.

Selain itu, berdasarkan hasil pemantauannya sejumlah tempat wisata lain juga didatangi pengunjung namun tidak seramai di tiga lokasi di atas. Seperti Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi, Taman Selondo Jogorogo, Desa Wisata Kayangan, dan lain sebagainya.

Ia menambahkan banyaknya kunjungan wisatawan selama libur Lebaran tersebut, secara otomatis berdampak pada pelaku usaha di sekitar objek wisata mulai kuliner, oleh-oleh, hingga jasa sewa wahana yang ada di sekitarnya.

Pihaknya terus mendorong para pelaku wisata untuk berinovasi dan berkreasi guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Ngawi.

Di samping itu, dinasnya juga intensif melakukan pembinaan dan pendampingan terutama terhadap para pelaku desa wisata yang dikelola BUMDes agar tempat usahanya tetap eksis yang muaranya juga meningkatkan kesejahteraan warga Ngawi.

 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023