Buruh dari sejumlah daerah di Jawa Timur mulai mendatangi titik aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau "May Day" yang dipusatkan di depan kantor gubernur setempat, di Jalan Pahlawan Kota Surabaya, Senin.

Pantauan ANTARA, sekitar pukul 12.10 WIB sejumlah buruh yang akan mengikuti "May Day" tiba dengan menggunakan kendaraan roda dua. Massa aksi mengenakan pakaian dan membawa bendera serikat buruh yang menaungi mereka.

Sekitar 30 menit kemudian, massa aksi kembali datang dengan menumpangi truk bak terbuka yang disusul iring-iringan kendaraan roda dua.

Massa aksi "May Day" terlihat berkumpul di sejumlah titik di sekitaran Kantor Gubernur Jawa Timur, seperti di sisi selatan dan barat Jalan Pahlawan.

Terlihat juga satu panggung yang lengkap dengan alat pengeras suara didirikan di Jalan Pahlawan.

Panggung itu terpasang backdrop bertuliskan ucapan Selamat Hari Buruh Internasional "Merajut Kebersamaan di Hari Yang Fitri".

Dua kendaraan rantis milik kepolisian, ambulans, truk pemadam kebakaran terlihat disiagakan di titik lokasi aksi.

Petugas kepolisian terlihat bersiaga melakukan pengamanan di balik kawat berduri yang terpasang di depan Kantor Gubernur Jawa Timur.

Kondisi lalu lintas di Jalan Pahlawan masih terpantau lengang. Namun, petugas kepolisian tetap melakukan pengaturan arus kendaraan bermotor yang melintas di sana.

Sementara, Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jawa Timur Nurudin Hidayat mengatakan massa aksi 'May Day' sudah melakukan mobilisasi menuju Jalan Pahlawan.

"Sudah sampai di Bundaran Dolog, Taman Pelangi. Ini sudah jalan di depan Polda Jawa Timur," ujarnya kepada ANTARA.

Diketahui, para buruh sebelumnya berkumpul di Bundaran Waru arah masuk Jalan Frontage Ahmad Yani. Kemudian mereka bakal melintas sejumlah jalan di Kota Surabaya, seperti Jalan Darmo, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Bubutan, hingga nantinya tiba di Jalan Pahlawan.

Massa aksi "May Day" tak hanya dari Ring 1 Jawa Timur saja, melainkan juga dari beberapa daerah, seperti Lamongan, Tuban, Probolinggo, Jember, Lumajang, Banyuwangi, Malang, dan Jombang.

Diperkirakan terdapat 20 ribu buruh dari sejumlah daerah di Jawa Timur yang akan mengikuti kegiatan peringatan "May Day" di Surabaya. Informasinya, para buruh mengusung isu UU Ciptaker yang dianggap merugikan buruh.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023