Tim gabungan dari unsur polisi, TNI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di empat kabupaten di Pulau Madura, Jawa Timur, terpantau memperketat pengamanan di sejumlah objek wisata yang banyak dikunjungi warga pada libur Lebaran 1444 Hijriah kali ini.

Salah satunya, seperti di Pantau Jumiang yang terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Pamekasan dan di Pantai Camplong, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Rabu.

Di dua objek wisata itu, petugas melakukan pengamanan khusus dan menerjunkan tim gabungan dari unsur polisi, TNI dan BPBD Pemkab Sampang.

"Ini kami lakukan sebagai antisipasi. Dari unsur aparat keamanan untuk mencegah terjadinya kasus kriminal, sedangkan dari unsur BPBD untuk mitigasi bencana, sehingga pengunjung akan merasa aman dan nyaman," kata Kapolres Pamekasan AKBP Santria Permana di Pamekasan, Jawa Timur, Rabu.

Selama libur Lebaran 1444 Hijriah kali ini, sejumlah objek wisata di kabupaten ini ramai didatangi warga. Salah satunya, seperti Pantai Jumiang, Kecamatan Pademawu dan Pantai Talang Siring, di Desa Montok, Kecamatan Larangan, Pamekasan.

Baca juga: Khofifah instruksikan pengelola wisata perketat keamanan wahana

Pimpinan institusi Polri di Madura bahkan terjun melakukan pemantauan secara langsung guna memastikan pelaksanaan pengamanan yang dilakukan para anggota polisi dan petugas pengamanan Lebaran tersebut.

Salah satunya, seperti yang dilakukan Kapolres Sampang AKBP Siswantoro.

Orang nomor satu di Mapolres Sampang ini bahkan berkeliling ke sejumlah objek wisata di Kota Bahari tersebut memantau pola pengamanan yang dilakukan anak buahnya.

Menurut Kapolres, pihaknya telah menerjunkan personel khusus dengan dua pola pengamanan, yakni pola pengamanan terbuka dan pola pengamanan tertutup.

"Pola pengamanan terbuka ini oleh personel Polres Sampang berseragam, sedangkan pola pengamanan tertutup oleh personel berpakaian preman," katanya.

Sejak Senin (24/4) hingga Rabu (26/4) ini, Kapolres AKBP Siswantoro bahkan melakukan pemantauan langsung ke sejumlah objek wisata guna memastikan kondisi keamanan di lapangan, seperti ke Pantai Lon Malang di Kecamatan Sokobanah, dan Pantai Camplong di Kecamatan Camplong, Sampang.

"Sejauh ini, Alhamdulillah, berjalan sesuai harapan. Tadi, atau hari ini memang ada insiden di salah satu objek wisata pemandian di Sampang ini, akan tetapi sudah teratasi, yakni anak kecil tiba-tiba pingsan, tapi bukan kecelakaan, akan tetapi karena mengalami epilepsi," kata Kapolres.

Pemantauan langsung tentang pola pengamanan di sejumlah objek wisata oleh pimpinan institusi ini juga dilakukan oleh Polres Sumenep dan Polres Bangkalan.*

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023