Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, meminta agar setiap organisasi perangkat daerah (OPD) setempat memaksimalkan layanan publik setelah libur Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 2023.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengemukakan, setiap OPD yang bergerak di sektor pelayanan, bersentuhan langsung dengan masyarakat. Untuk itu, sektor pelayanan harus dimaksimalkan. Terlebih lagi saat ini sudah hari pertama kerja setelah libur dan cuti bersama Lebaran 2023.

"Harus dan wajib (maksimalkan pelayanan) begitu," kata Bupati di Kediri, Rabu.

Mas Dhito, sapaan akrabnya juga menambahkan, di momen Hari Raya Idul Fitri 2023 ini, ASN juga diminta untuk menangkap berbagai macam isu yang berkembang dan diharapkan bisa menyelesaikannya. Kemudian, program yang juga sudah direncanakan juga harus segera direalisasikan.

"Yang menjadi catatan, bahwa dinas, teman-teman dan rekan-rekan kerja mulai dari tingkat staf sampai kepala dinas sudah mulai harus tahu apa yang menjadi program-program prioritas," kata dia.

Baca juga: Pemkab Kediri manfaatkan ATCS urai titik kemacetan

Di hari pertama masuk kerja setelah libur Lebaran 2023, Bupati mengatakan, pihaknya tidak melakukan inspeksi mendadak (sidak). Pemkab meyakinkan karena seluruh pegawai di lingkup pemda diyakini sudah siap bekerja.

"Hari ini, saya rasa tidak perlu ada sidak. Mereka (SKPD) juga pasti siap kalau disidak hari ini. Sidaknya suatu saat nanti," kata Bupati.

Bupati Kediri juga sempat berbincang dengan salah satu staff yang berasal dari luar Pulau Jawa, yakni Bambang Hendro Priono.

Kepada Bupati Kediri, Bambang mengaku sudah 1,5 tahun tidak mudik Lebaran dan tahun ini ia bisa mudik merayakan Lebaran bersama keluarga. Ia bisa pulang ke kampung halamannya, di Bitung, Sulawesi Utara.

Ia pun bersyukur bisa mengabdikan diri menjadi pegawai di Kabupaten Kediri. Ia juga berharap, ke depan Kabupaten Kediri semakin maju.

"Di tahun 2022 dan 2023 banyak sekali pembangunan sektor nasional maupun provinsi yang mengambil lokus di Kabupaten Kediri. Mudah-mudahan dengan itu membuat nama Kabupaten Kediri lebih naik lagi," kata Bambang Hendro Priono.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023