Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Malang mencatat adanya peningkatan arus kendaraan yang keluar dari pintu tol Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada masa libur Lebaran 2023.

Kasat Lantas Polres Malang AKP Agnis Juwita Manurung di Kabupaten Malang, Senin mengatakan bahwa peningkatan arus kendaraan yang keluar dari pintu tol Singosari tersebut mulai terjadi kurang lebih pada pukul 09.00 WIB, dan mayoritas kendaraan menuju wilayah Kota Batu.

"Kabupaten Malang merupakan perlintasan, banyak aktivitas mulai dari wisatawan hingga masyarakat. Untuk dua hari ini, puncak arus kendaraan kurang lebih pukul 09.00 WIB dan itu mayoritas menuju wilayah Kota Batu," kata Agnis.

Berdasarkan data PT Jasa Marga Pandaan Malang, tercatat ada sebanyak 20.397 kendaraan yang keluar dari pintu tol Singosari pada 23 April 2023, atau mengalami kenaikan 41,5 persen dari kondisi normal dengan rata-rata kendaraan melintas sebanyak 14.413 kendaraan.

Agnis menjelaskan, jumlah kendaraan yang keluar dari pintu tol Singosari tersebut juga mengalami sedikit peningkatan dibanding pada H+1 perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah pada 2022.

Baca juga: Satlantas Polres Malang bagikan panduan mudik digital permudah wisatawan

"Kalau kita berbicara data, ada peningkatan kendaraan yang keluar pada pintu tol Singosari Malang, biarpun sedikit. Jadi pada 2022, H+1 ada kurang lebih 19 ribu kendaraan, sementara pada tahun ini ada 20 ribu kendaraan yang masuk ke Malang," ujarnya.

Ia menambahkan, meskipun ada peningkatan jumlah kendaraan yang masuk ke wilayah Kabupaten Malang tersebut, namun kondisi arus lalu lintas terpantau tetap bergerak dan tidak ada kendaraan yang terhenti dalam waktu yang cukup lama.

Menurutnya, Polres Malang telah melakukan evaluasi dan belajar dari pengalaman pada tahun sebelumnya untuk menerapkan skema lalu lintas yang tepat, agar arus kendaraan bisa tetap berjalan dan tidak terjebak kemacetan panjang.

Namun, lanjutnya, memang ada sejumlah titik yang mengalami kepadatan pada sejumlah perlintasan, akses menuju kawasan perumahan padat penduduk, termasuk di sejumlah restoran hingga pusat oleh-oleh.

"Jadi simpul-simpul (yang menghambat) kami sudah patroli di sekitar Kecamatan Karangploso. Ada perumahan padat penduduk, gang, tempat makan, juga ada pusat oleh-oleh, ini yang membuat orang lambat dalam berkendara. Mau mampir, makan, dan berbelanja," katanya.

Ia menambahkan, untuk mengurai kepadatan tersebut pihaknya telah menerjunkan kurang lebih 600 personel yang bersiaga untuk mengatur arus lalu lintas. Para personel tersebut juga didukung dari Dinas Perhubungan Kabupaten Malang.

Berdasarkan pantauan ANTARA, kepadatan arus kendaraan terjadi pada sejumlah titik di wilayah Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang yang menuju Kota Batu. Kepadatan itu, akibat kendaraan yang masuk ke jalur utama dari sejumlah persimpangan yang ada.

Petugas kepolisian mengatur arus keluar masuk kendaraan tersebut secara bergantian, agar tidak terjadi kemacetan yang tidak terurai. Selain itu, arus dari Kota Batu menuju Kabupaten Malang juga mulai mengalami peningkatan.

Pada arus mudik libur Lebaran 2023, diperkirakan akan ada sebanyak 123,8 juta orang yang melakukan mudik ke berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Jawa Timur dan Malang Raya yang merupakan gabungan antara Kota Batu, Kota Malang dan Kabupaten Malang.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023