Aparat Polres Pamekasan, Jawa Timur, menerjunkan sedikitnya 378 personel guna mengamankan jalur mudik dan balik Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023 di wilayah itu.

"Ke 378 personel ini dari 16 institusi yang ada di Pamekasan, di antaranya Polri, TNI, Dinas Kesehatan dan BPBD Pamekasan," kata Kapolres Pamekasan AKBP Satria Permana di Pamekasan, Jawa Timur, Rabu.

Ia menjelaskan pengamanan mudik Lebaran telah dimulai sejak 18 April 2023 dan akan berlangsung hingga 1 Mei 2023 dengan sandi Operasi Ketupat Semeru 2023.

Operasi ini, kata dia, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga yang melakukan mudik Lebaran mulai dari keberangkatan hingga kepulangan.

"Tujuannya agar masyarakat mendapatkan kegembiraan setelah bertemu dengan keluarga dan mereka bisa sampai dengan selamat ke tempat tujuan," kata Kapolres Pamekasan.

Karena itu pihaknya juga mendirikan pos pantau dan pos pengamanan serta menyediakan sejumlah fasilitas seperti tempat beristirahat bagi para pemudik.

Kapolres menjelaskan pada Operasi Ketupat Semeru 2023 pihaknya menyediakan tiga pos pengamanan, di Jalan Raya Ambat, Kecamatan Tlanakan, Pantai Talang Siring, Desa Montok, Kecamatan Larangan, dan di Jalan Raya Sotabar, Kecamatan Pasean.

"Selain pos pengamanan, kami juga mendirikan dua unit pos pelayanan yakni di area Monumen Arek Lancor dan di Terminal Ronggosukowati Pamekasan," kata Satria Permana.

Sedangkan untuk pos terpadu yakni pusat koordinasi untuk pos pengamanan dan pos pelayanan dipusatkan di area Monumen Arek Lancor, Pamekasan.

"Semua ini kami persiapkan untuk kenyamanan dan kelancaran warga yang hendak melakukan mudik Lebaran," ujarnya.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023