Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Toni Harmanto meninjau kesiapan pelaksanaan arus mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin.

Ia mengatakan bahwa kunjungan ini untuk mengecek kesiapan moda transportasi kapal laut di Pelabuhan Tanjung Perak, terutama dalam memberikan pelayanan  masyarakat menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2023.

"Kunjungan hari ini memang dikhususkan untuk mengecek kesiapan Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) dan kesiapan anggota mengamankan  arus mudik Lebaran 2023," katanya.

Toni memastikan Pelabuhan Tanjung Perak telah menyiapkan pelayanan optimal kepada seluruh masyarakat dari berbagai wilayah yang melakukan perjalanan mudik.

Kapolda melakukan pengecekan sejumlah fasilitas di Terminal penumpang Gapura Surya Nusantara, seperti "thermal scanner", ruang laktasi, ruang pemeriksaan dokumen, dan ruang tunggu penumpang yang sudah dipersiapkan terminal.

Selain itu, terdapat Posko Lebaran 2023 yang berfungsi sebagai pos pengamanan dan sarana informasi bagi penumpang yang akan naik maupun turun kapal di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara.

Toni mengapresiasi seluruh stakeholder terkait kesiapan menjelang arus mudik. Menurutnya, hal tersebut sangat penting untuk tetap melakukan pengamanan dan ketertiban selama arus mudik Lebaran 2023.

"Saya kira ini sudah bagus karena terdapat posko pengamanan yang melibatkan TNI/Polri dan stakeholder terkait yang bisa dimanfaatkan para pemudik untuk mendapatkan informasi seputar arus mudik," katanya.

Pada akhir tinjauan, Toni menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang bekerja keras dan berusaha maksimal mewujudkan mudik yang aman dan sehat bagi masyarakat Indonesia.

General Manager Kalimas, Terminal Penumpang, dan Roro PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub-Regional Jawa Dhany Rachmad Agustian menambahkan moda transportasi laut dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mudik.

Menurutnya, pemudik dapat terhindar sekaligus mengurangi beban kemacetan di jalur darat saat memasuki puncak arus mudik.

"Artinya ini bisa menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk mudik menggunakan moda kapal laut dan mengurangi potensi beban kemacetan saat arus mudik mulai meningkat. Ini tentunya bisa jadi pilihan bagi pemudik," ujar Dhany.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023