Satuan Lalu Lintas Polres Situbondo, Jawa Timur, melaksanakan uji kelaikan bus penumpang antar-kota dalam provinsi (AKDP) di Terminal Situbondo guna memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang selama arus mudik Lebaran 2023.

Kasat Lantas Polres Situbondo Ajun Komisaris Polisi Suwarno mengemukakan pelaksanaan pengecekan kelaikan armada bus yang beroperasi untuk angkutan mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah ini bekerja sama dengan Dinas Perhubungan setempat.

"Jadi, sejak kemarin lusa kami mulai melaksanakan uji kelaikan armada bus. Yang dicek mulai dari kondisi ban, mesin, rem, fungsi lampu, wiper dan lainnya termasuk surat kendaraan dan SIM," kata Suwarno di Situbondo, Sabtu.

Untuk sementara, lanjut dia, dalam kegiatan uji kelaikan bus angkutan Lebaran ini ditemukan beberapa armada bus yang direkomendasikan agar memperbaiki atau mengganti rem yang kurang maksimal, kaca retak, dan ban sudah tipis dan dinilai berbahaya untuk keselamatan penumpang.

Selain mengecek kelaikan kendaraan bus, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan sopir dan kru bus.

"Pengecekan armada bus dan juga pemeriksaan kesehatan kru bus untuk menjamin keselamatan dan memberi rasa aman kepada masyarakat yang akan mudik menggunakan angkutan umum jelang Lebaran nanti," ujar dia.

Suwarno menjelaskan bagi armada bus yang sudah menjalani uji kelaikan dan dinilai laik, petugas langsung memasang stiker khusus di kaca depan kendaraan.

"Kalau sudah kami anggap laik jalan, langsung ditempel stiker. Sedangkan yang kami rekomendasikan untuk mengganti kampas rem atau ban gundul, tetap diberi stiker, tapi mereka harus melaporkan ke petugas setelah memperbaiki kampas rem atau mengganti ban tipis," kata dia.

Sementara itu, Kapolres Situbondo Ajun Komisaris Besar Polisi Dwi Sumrahadi Rakhmanto menambahkan bahwa pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kendaraan bus angkutan umum laik jalan menjelang arus mudik Lebaran.

"Kami mengimbau kepada pemudik yang membawa anak-anak juga harus lebih ketat menjaganya selama dalam perjalanan," kata dia.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023