Universitas Jember mempersiapkan pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer dalam seleksi nasional berdasarkan tes atau UTBK SNBT Tahun 2023.

"Kami mempersiapkan diri guna menyukseskan hajatan nasional UTBK SNBT 2023, di antaranya dengan mempersiapkan lokasi UTBK beserta kelengkapan komputer dan sarana pendukungnya," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Universitas Jember Prof. Slamin di Jember, Sabtu.

Universitas menyiapkan sebanyak 25.480 kursi untuk peserta ujian, yang akan berlangsung dalam dua gelombang. Ujian gelombang pertama rencananya dilaksanakan 8 sampai 14 Mei 2023 dan gelombang dua dari 22 sampai 28 Mei 2023.

Slamin mengatakan, bahwa universitas juga mempersiapkan sumber daya manusia pendukung pelaksanaan UTBK SNBT, termasuk tenaga pengawas ujian serta tenaga teknologi informasi dan komunikasi.

Ia menjelaskan pula bahwa dalam satu hari akan ada dua sesi UTBK dengan jumlah peserta per sesi sebanyak 910 orang.

Dia mengimbau peserta ujian yang sudah menentukan pilihan program studi segera mendaftarkan diri.

"Sebab jika kuota peserta di sebuah Pusat UTBK sudah penuh maka peserta harus memilih Pusat UTBK lain dengan catatan kuota peserta masih ada," katanya.

Guru besar Teori Graf di Fakultas Ilmu Komputer itu mengatakan bahwa peserta SNBT bisa memilih program studi akademik dan vokasi.

"Bagi peserta yang sudah mantap memilih program studi vokasi seharusnya memilih program studi vokasi di jalur SNBT tanpa harus menunggu di jalur Ujian Mandiri," ujarnya.

Slamin mengemukakan adanya kecenderungan peserta menjadikan program studi vokasi sebagai cadangan jika tidak diterima di jalur SNBT.

"Kuota terbesar mahasiswa baru untuk program studi vokasi ada di jalur SNBT, bukan di jalur Ujian Mandiri. Jadi peserta perlu cermat memilih program studi agar peluang diterima di PTN terbuka lebar," katanya.

Universitas Jember memiliki tiga program studi sarjana terapan atau diploma empat dan delapan program studi diploma tiga yang 50 persen kuota mahasiswa barunya diambil dari jalur SNBT. Kuota penerimaan mahasiswa Universitas Jember dari jalur SNBT seluruhnya 4.165 orang.

 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023