Vice President PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember Mulyani mengatakan hasil tes urine untuk pemeriksaan narkoba sejumlah awak sarana perkeretaapian, termasuk seluruh masinis di wilayah daop setempat dinyatakan negatif.

"Kami berkolaborasi dengan BNN Kabupaten Lumajang melakukan tes urine kepada sejumlah awak sarana perkeretaapian (ASP) yang terdiri atas masinis dan asisten masinis, teknisi kereta, polsuska, kondektur, hingga paramedis. Hasilnya negatif semua," kata Mulyani dalam keterangan tertulis yang diterima di Jember, Kamis.

Ia mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya untuk menyelenggarakan Angkutan Lebaran Tahun 2023 dengan aman, nyaman, dan berkesan sehingga para petugas yang nanti akan mengantarkan penumpang selama mudik maupun balik dilakukan pemeriksaan kesehatan, salah satunya adalah masinis.

"KAI menjadikan keselamatan sebagai bisnis utama, untuk itu segala persiapan diupayakan untuk menjamin perjalanan kereta api aman dan selamat sampai tujuan," tuturnya.

Menurut dia, tes urine itu secara mendadak sehingga para peserta tidak mengetahui bahwa mereka akan menjalani tes narkoba. Hal itu untuk memastikan bahwa hasil dari pemeriksaan sesuai dengan kondisi kenyataan mereka.

"Jika ada yang terbukti menggunakan narkoba, yang bersangkutan akan kami serahkan kepada petugas BNN untuk penanganan lebih lanjut," katanya.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan BNN Lumajang, sebanyak 22 frontliner KAI Daop 9 Jember menjalani tes urine hasilnya negatif narkoba.

"Semua upaya yang dilakukan oleh KAI Daop 9 Jember adalah untuk memberikan jaminan kepada para penumpang kereta api mulai dari berangkat hingga tiba di tujuan dengan aman dan selamat," katanya.

Ia menjelaskan bahwa awak sarana perkeretaapian yang terdiri atas masinis dan asisten masinis, teknisi kereta api (TKA), polisi khusus kereta api (polsuska), kondektur, hingga paramedis di Daop 9 Jember dipastikan benar-benar sehat dan bebas dari penyalahgunaan obat-obatan terlarang.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023