Pelatih Persebaya Aji Santoso membenarkan tindakan Arief Catur Pamungkas meskipun berisiko tinggi dengan menghentikan pemain Arema FC Ilham Udin Armaiyn saat berada di titik putih yang mungkin bisa berpeluang mencetak gol.

"Tadi saya sudah berbicara sama Catur, yang dilakukan dia itu memang berisiko tinggi dengan kena penalti, tapi tadi kalau tidak diblok sama Catur bolanya mengarah ke belakang juga masuk, Alhamdulillah tidak terjadi gol apa yang dilakukan Catur itu menurut saya benar," ujarnya saat konferensi pers usai laga tunda melawan Arema FC di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Selasa (11/4) malam.

Menurut pelatih yang memiliki lisensi UEFA Pro tersebut, Ernando juga sudah tahu kalau tidak diblok Catur akan masuk.

"Jadi pelanggaran ini tidak masalah, kalau seumpama itu bisa menjadikan gol 100 persen bagi lawan, Catur ngeblok kena kakinya dia, tapi Alhamdulillah Nando save-nya sangat luar biasa," katanya.

Aji juga menyayangkan recovery pemain yang jauh lebih pendek dengan tim lawan, karena jadwal yang padat dalam tiga pertandingan terakhir klub yang berjuluk Bajol Ijo tersebut.

"Setelah pertandingan melawan Persija saya meliburkan pemain, kemarin pemain hanya melakukan official training untuk menghilangkan asam laktat saja, tidak ada taktik," tuturnya.

Sementara itu, penjaga gawang Persebaya Ernando Ari mengatakan bahwa saat penalti, dirinya sudah siap sebelumnya karena saat latihan sudah dipersiapkan dan juga telah melihat video-video pertandingan untuk antisipasi.

"Untuk penalti tadi saya sudah latihan untuk menahan penalti dan sudah melihat video-video yang ada sebelum pertandingan, jadi saya yakin dengan adanya video itu dapat membantu, dan saya juga sudah latihan di Persebaya, di timnas, di manapun, jadi lebih tenang, malah yang lebih tegang itu penendangnya, waktu saya ajak bicara sebelum penalti, jadi saya tahu arah bolanya," ujarnya.

Sebelumnya, Persebaya meraih poin penuh saat menjamu Arema FC dengan skor 1-0 dalam laga tunda Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 di Stadion PTIK, Jakarta Selatan.

Gol Persebaya tercipta pada menit ke 79 berkat sundulan M Iqbal yang mengarahkan bola hasil kerja sama antara Ze Valente dan Nufiandani ke kiri penjaga gawang Arema FC Teguh Amiruddin.

Dengan hasil tersebut, klasemen sementara, Persebaya naik ke peringkat tujuh dengan poin sebesar 49 dari 33 pertandingan.

Sementara, lawannya, Arema FC berada di peringkat 11 dengan 42 poin dari 33 laga.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023