Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya mencatat sejumlah pohon tumbang yang diakibatkan oleh hujan deras melanda delapan titik berbeda di wilayah setempat, Sabtu.

"Pohon tumbang terjadi di Jalan Wonorejo Timur, Jalan Raya Pandugo, Jalan Kutisari Indah Selatan, Jalan Rungkut Industri III, Jalan Kedung Baruk di depan Samator, Jalan Raya Kedung Asem, Jalan Nginden Semolo di depan restoran ayam bakar, dan Jalan Raya Kalirungkut," kata Kepala BPBD Kota Surabaya Laksita Rini.

Rini menyebut dari delapan titik kejadian pohon tumbang itu, terdapat empat wilayah yang statusnya saat ini sudah "terkondisikan" oleh tim gabungan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan BPBD Kota Surabaya.

"Yang sudah dikondisikan oleh petugas di lapangan, yakni di Jalan Wonorejo Timur, Jalan Raya Pandugo, Jalan Kutisari Indah Selatan, dan Jalan Kedung Baruk," ujarnya.

Kemudian empat titik lainnya peristiwa pohon tumbang di Surabaya masih dalam proses penganan oleh petugas dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Baca juga: Hujan dengan Intensitas sedang berpotensi di wilayah Surabaya Jumat ini

Empat titik kejadian pohon tumbang yang masih dalam penanganan, yakni Jalan Rungkut Industri III, Jalan Raya Kedung Asem, Jalan Nginden Semolo, dan Jalan Raya Kali Rungkut masih dalam penanganan petugas.

Berdasarkan laporan dari BPBD Kota Surabaya hujan dengan intensitas deras mulai mengguyur wilayah setempat sekitar pukul 15.30 WIB.

Kemudian, pihaknya mulai mendapatkan laporan terkait munculnya peristiwa pohon dari delapan titik di Kota Surabaya mulai pukul 15.43 WIB hingga pukul 16.22 WIB 

Laporan pohon tumbang yang pertama kali masuk melalui layanan Command Center 112 itu diketahui berasal dari Jalan Wonorejo Timur. Kejadian itu diketahui terjadi pada pukul 15.43 WIB.

"Jenisnya pohon waru dengan diameter 10 senti meter, terima laporan permintaan bantuan adanya pohon tumbang. Petugas di lokasi dari BPBD, DLH, Posko Terpadu Timur," ujarnya.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023