Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyediakan bantuan mudik gratis kepada warga Pamekasan yang merantau di sejumlah daerah di luar Madura dan hendak pulang ke kampung halamannya pada Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Bantuan mudik gratis ini mulai 19 April 2023 dan pendaftaran telah dibuka sejak 27 Maret hingga 10 April 2023," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Pamekasan Basri Yulianto, Sabtu.

Basri menjelaskan jumlah kendaraan yang disediakan Pemprov Jatim sebanyak 161 armada bus.

Pemprov juga menyediakan kuota angkutan kendaraan untuk 400 unit sepeda motor dengan kapal laut bagi masyarakat yang hendak mudik ke kepulauan.

"Ada beberapa persyaratan administratif yang harus dipenuhi bagi warga hendak mengikuti program mudik gratis ini," kata Basri.

Di antaranya, fotokopi KTP elektronik, foto kopi kartu keluarga (KK) dan calon penumpang harus telah divaksin pelengkap dengan menunjukkan bukti sertifikat vaksin.

Basri menjelaskan pemberangkatan secara simbolis pada 19 April 2023 di Kantor Dishub Provinsi Jawa Timur, dan akan dilepas langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

"Sesuai dengan hasil rapat koordinasi Dishub se-Jawa Timur beberapa waktu lalu, jumlah armada bus yang akan berangkat di hari pertama pelaksanaan mudik Lebaran sebanyak 90 unit," katanya.

Tujuannya ke 20 kabupaten/kota dengan rute Surabaya-Madiun, Surabaya-Magetan, Surabaya-Ponorogo, Surabaya-Nganjuk, Surabaya-Tulungagung, Surabaya-Blitar, Surabaya-Trenggalek, Surabaya-Bondowoso, dan Surabaya-Pacitan.

Lalu, Surabaya-Jember, Surabaya Malang-Blitar, Surabaya-Banyuwangi, Surabaya-Ngawi, Surabaya-Tuban, Surabaya-Madura, termasuk Pamekasan dan Kabupaten Sumenep, dan Surabaya-Bojonegoro.

Selain itu, Pemprov Jatim juga menyiapkan mudik gratis bagi masyarakat asal Jatim yang tinggal dan bekerja di Jakarta sebanyak 34 bus.

Sebanyak 20 unit bus akan diberangkatkan pada tanggal 18 April dari Jakarta menuju Jatim. Sedangkan bus balik gratis dari Jatim menuju Jakarta sebanyak 14 bus.

"Karena itu, bagi masyarakat Pamekasan yang berada di luar Madura, baik di sekitar Jawa Timur maupun yang merantau di sejumlah daerah di Jakarta, saya meminta agar memanfaatkan program ini," kata Basri.

Sedangkan untuk mudik gratis dengan kapal laut, juga disiapkan untuk mengangkut masyarakat yang tinggal di Kepulauan Raas, Kabupaten Sumenep, Madura.

Rute angkutan mudik Lebaran jalur laut ini, dari Pelabuhan Jangkar menuju Pulau Raas dengan jumlah ritase enam kali pulang-pergi dengan daya tampung penumpang sebanyak 2.400 orang menggunakan KMP Wicitra Dharma I.

Untuk pendaftaran mudik gratis menggunakan kapal dibuka pada tanggal 1-20 April 2023 secara offline dengan jadwal mudik Jangkar-Raas PP pada tanggal 16, 17, dan 20 April 2023. Sedangkan rencana jadwal balik dari Pulau Raas ke Pelabuhan Jangkar pada 26 dan 29 April serta 2 Mei 2023.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023