Pemerintah Kota Batu menyatakan bahwa program Safari Ramadhan yang digelar selama bulan puasa menjadi ajang untuk penguatan komunikasi antara Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dengan warga di wilayah tersebut.

Sekretaris Daerah Kota Batu Zadim Efisiensi dalam keterangan tertulis yang diterima di Kota Batu, Rabu, mengatakan bahwa Safari Ramadhan dijadikan media komunikasi yang efektif antara Forkopimda Kota Batu dengan masyarakat.

"Safari Ramadhan juga bertujuan untuk memperkuat silaturahim dan media komunikasi antara pemerintah kota, Forkopimda dan masyarakat," kata Zadim.

Dalam kesempatan itu, Zadim menyampaikan bahwa masyarakat di wilayah Kota Batu sangat peduli, khususnya untuk menjaga keamanan wilayah setempat. Hal tersebut juga tidak lepas dari kehadiran pihak kepolisian dan TNI untuk menjaga keamanan warga.

Ia meminta seluruh masyarakat di Kota Batu bisa menjaga wilayah tetap kondusif, khususnya pada saat memasuki tahun politik untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Ia berharap sinergi antara Pemerintah Kota Batu, Forkopimda dan masyarakat bisa terus terjaga.

"Semoga sinergi antara Pemkot, Forkopimda, tokoh masyarakat dan tokoh agama dapat terus terjalin dengan baik untuk masyarakat yang lebih baik." ujarnya.

Ia menambahkan dalam pelaksanaan Safari Ramadhan tersebut, juga dijadikan instrumen untuk memantau harga kebutuhan pokok penting bagi masyarakat agar kondisi stabil dan aman, serta mencukupi kebutuhan warga setempat.

Langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya kenaikan harga sejumlah komoditas penting, khususnya menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah yang diperkirakan jatuh pada pekan akhir April 2023.

Selain itu, pada program Safari Ramadhan itu Pemerintah Kota Batu juga menyalurkan bantuan dampak inflasi dari Dinas Sosial Kota Batu berupa beras sebanyak sepuluh kilogram per bulan per kepala keluarga penerima, serta penyaluran zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

"Kami berharap seluruh masyarakat Kota Batu bisa merasakan berkah Ramadhan," tutur dia.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023