Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Nyono mengatakan kuota sebesar 60 persen yang disediakan bagi masyarakat untuk pelaksanaan mudik gratis masa Idul Fitri 1444 Hijriah sudah terpenuhi.

"Mudik gratis menggunakan 90 bus dengan 3.600 seat. Pendaftaran daring sebesar 60 persen sudah penuh pendaftar," kata Nyono saat dikonfirmasi melalui pesan daring, Sabtu.

Pendaftaran mudik gratis secara daring oleh Pemprov Jatim dibuka melalui laman resmi di mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id per tanggal 27 Maret hingga 10 April 2023.

Selanjutnya, Dishub Jawa Timur bakal membuka pendaftaran mudik gratis secara offline pada tanggal 11 April 2023 dengan total kuota 40 persen.

Total armada yang disediakan untuk mudik gratis tahun 2023 sebesar 161 bus. Jumlah itu mengalami kenaikan ketimbang tahun 2022 dengan 100 bus.

"2.160 (kuota mudik gratis sebesar 60 persen yang sudah terisi). Tinggal 1440 seat yang dibuka offline pada tanggal 11 April," ujarnya.

Tahun 2023, Pemprov Jawa Timur membuka rute perjalanan mudik gratis, yakni Surabaya-Ponorogo, Surabaya-Nganjuk, Surabaya-Tulungagung, Surabaya-Blitar, Surabaya-Trenggalek, Surabaya-Bondowoso, Surabaya-Pacitan, Surabaya-Jember, Surabaya-Malang-Blitar, Surabaya-Banyuwangi, Surabaya-Ngawi, Surabaya-Tuban, Surabaya-Sumenep, dan Surabaya-Bojonegoro.

Selain perjalanan dari Surabaya, mudik gratis 2023 juga dibuka dengan tujuan Jakarta-Jawa Timur.

Nyono menyebut masyarakat Jawa Timur yang ada di Jakarta memiliki ketertarikan besar mengikuti agenda mudik massal tahunan tersebut.

"Pendaftaran mudik warga Jatim di Jakarta sudah penuh sebesar 20 bus, untuk mudik dengan kursi sebesar 900 orang penumpang. Sedangkan untuk (arus) baliknya (disediakan) sebesar 14 bus," ujarnya.

Nantinya, titik pemberangkatan mudik massal dari arah Surabaya bakal dilangsungkan pada tanggal 19 April 2023, di Kantor Dishub Jawa Timur yang berlokasi di Jalan Frontage Ahmad Yani.

"Untuk yang di Jakarta (berangkat) tanggal 18 April dari Anjungan Jatim TMII Jakarta. Untuk yang mudik sepeda motor tanggal 18 April di kantor Dishub," kata dia.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023