Tim mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) PCU (Petra Christian University) menyabet empat penghargaan di Festival Ajisaka 2023 yang digelar di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta beberapa waktu lalu.

"Puji Tuhan, video kami yang berjudul 'Coba Lihat' berhasil memikat hati para juri," kata salah satu mahasiswa PCU, Daniel Garry The yang menyabet juara 1 kategori Sadewa (Skippable Ads) bersama Yohanes Bernard Hadiyanto di Surabaya, Jumat.

Garry, sapaannya, mengatakan video tersebut mengangkat konsep tentang sindiran yang ingin diberikan kepada pelaku malicious distribution. Kegiatan ini dikenal sebagai sebuah kegiatan dimana pelaku memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan konten pribadi seseorang yang dapat merusak reputasi pribadi tersebut.

Berproses selama kurang lebih tiga bulan, Garry dan temannya melalui proses naik dan turun. Saat diwawancara, Garry mengaku sempat mengulang seluruh script dan proses produksi sepekan sebelum pengumpulan.

"Satu pekan sebelum pengumpulan, kami asistensi dan dosen pembimbing memberikan usul untuk mengubah konsep. Hal ini berakhir dengan kelompok kami yang mengulang proses produksi dari pembuatan konsep sampai proses editing," ujarnya.

Dia dan kelompoknya sempat tidak percaya diri. Namun, melalui proses yang panjang, mahasiswa angkatan 2020 itu mengaku menikmati seluruh prosesnya.

Bahkan semangat Garry malah semakin terpacu untuk mengikuti perlombaan lainnya. Kini ia sedang persiapan untuk dua lomba selanjutnya.

Mahasiswa lain, Cathlin Shannon dan Kevin Perdana Cahyadi meraih juara satu kompetisi Sadewa pada kategori Social Media Activation di Festival Ajisaka 2023.

Kedua mahasiswa ini membuat kampanye bertajuk #divesafely di sosial media Discord agar anak-anak bisa lebih waspada dengan ciri dan tindakan seorang cyber groomer.

“Kita memilih media Discord karena banyak kasus cyber grooming terjadi, serta banyak anak kecil berkumpul untuk bermain di media ini. Karena itu, kami mau membuat kampanye acara yang promosinya menggunakan game untuk menarik bisa menarik perhatian dan membuat mereka suka dengan pesan kami," kata Cathlin.

"Jadi, kami mengajak mereka melakukan kegiatan yang disukai, dan mengedukasi secara tidak sadar," tambah Cathlin

Pada ajang itu, PCU menyabet juara 3 Kategori Sadewa (Skippable Ads) melalui tiga mahasiswanya yakni Kayla Federica Jiemesha, Livia Kondana, dan Jovita Ivana yang membuat video animasi bertema "Ambil Aksi, Peduli Privasi".

Selain itu, dua mahasiswa PCU lain yakni Fabio Adrian dan Zefanya Kyna menyabet juara 2 Kategori Sadewa (Social Media Activation).*

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023