Siswa Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Al-Muslim Sidoarjo, Jawa Timur belajar tentang manfaat penggunaan air, bahaya air, sumber-sumber air, dan cara menghemat air dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia yang diperingati setiap 22 Maret.
 
Siti Aminah selaku Kepala KB-TK Al Muslim Senin mengatakan dalam rangka memberikan pemahaman kepada siswa tentang air pihaknya mengadakan rangkaian kegiatan pembelajaran dua pekan untuk menguatkan profil lulusan KB-TK Al Muslim yaitu Personal Excellence, Religious and Social, Living Healthy and Green, dan Critical and Creative Thinker.
 
"Air merupakan salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan. Hampir semua kegiatan manusia memerlukan air. Untuk mengingatkan betapa pentingnya sumber air, maka setiap tanggal 22 Maret selalu diperingati sebagai Hari Air Sedunia," ucapnya.
 
Pihaknya melakukan kegiatan menarik terkait dengan air yakni bermain percobaan sains tentang penjernihan air dengan sederhana, eksperimen pencampuran warna tertuang dalam kegiatan finger painting, permainan gelembung.
 
"Selain itu juga ada, pembangunan bendungan air untuk pembangkit listrik, gedung PDAM, dan lain-lain di sentra balok, siswa menuliskan nama gedung yang dibangun, membuat aneka kreasi wadah air dari loose part lalu menuliskan nama wadah tersebut, misalnya gelas, botol, dan lain-lain. Bermain peran tentang hujan dan hemat air," ucapnya.
 
Salah seorang guru KB-TK Al Muslim, Nur Chasanah, mengatakan para melakukan eksperimen yang sangat menyenangkan yaitu percobaan ‘Rainbaw Lava’ anak aktif mengamati dan menyimpulkan hasil percobaan yang mereka lakukan.
 
"Pada puncak pembelajaran topik air, sekolah mengadakan kegiatan Festival Air sekaligus memperingati Hari Air Sedunia. Kegiatan ini diikuti 121 siswa dan guru," katanya.
 
Ia mengatakan, dengan kegiatan ini diharapkan sikap menghemat air menjadi kebiasaan yang terus tertanam dalam keseharian siswa.
 
"Bukan saja saat peringatan Hari Air Sedunia. Mari mensyukuri air karunia Allah SWT yang wajib disyukuri dengan cara menghemat air dan menjaga kelestarian," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023