Gus-Gus Nusantara (GGN) menggelar kegiatan tumpengan massal di Pondok Pesantren Al-Falah Puthon Candirejo Ponggok, Blitar, menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.
 
“Alhamdulillah kami telah mengadakan tumpengan massal dan doa bersama untuk keselamatan NKRI,” ujar Koordinator GGN Jawa Timur, Gus Alwy Hasan, dalam siaran pers diterima di Surabaya, Senin.
 
Pada kesempatan doa bersama juga memohon kepada Allah SWT agar mampu menjalankan puasa dengan semangat dan ibadahnya diterima.
 
Gus Alwy mengatakan kegiatan tumpengan merupakan adat istiadat masyarakat tanah Jawa khususnya di pesisir selatan. 
 
“Tumpengan dinilai sebagai bentuk sedekah yang mampu menolak bahaya. Alhamdulillah antusiasme cukup bagus, karena ini adat yang harus kita jaga dan lestarikan agar tidak punah,” ucapnya.
 
Sementara itu, Pengasuh Ponpes Al-Falah Puthon Hasan Bashori mengapresiasi adanya kegiatan tumpengan massal, apalagi dibalut dengan doa bersama menjelang Ramadan.
 
Hasan juga meminta Gus-Gus Nusantara yang merupakan kelompok relawan pendukung Ganjar Pranowo tersebut terus memperjuangkan apa yang menjadi tujuannya.
 
“Semakin semangat dan tidak kendor dalam berjuang. Yaitu untuk merajut kerukunan antarumat, agama, ras, dan etnis,” tutur dia.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023