Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Prasarana Perhubungan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (UPT P3 LLAJ) Madiun, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur menggelar operasi sadar keselamatan, ketertiban lalu lintas, dan angkutan jalan tahun 2023 di wilayah Kota Madiun.

Kegiatan yang berlangsung di Jalan Basuki Rahmat Kota Madiun itu juga diikuti oleh jajaran Dinas Perhubungan Kota Madiun, Satlantas Polres Madiun Kota, UPT PPD Madiun-Bapenda Jatim, dan Polisi Militer (PM).

"Tujuannya agar masyarakat tertib lalu lintas dalam menggunakan kendaraan sesuai teknis dan laik jalan," ujar Kasi Dalops UPT P3 LLAJ Madiun Bagoes Sutejo di Madiun, Selasa.

Adapun dalam kegiatan tersebut petugas memeriksa kondisi kendaraan, kartu uji KIR, dan persyaratan administrasi pengendara. Tidak hanya kendaraan besar seperti truk dan bus. Tapi juga mobil dan sepeda motor.

Dalam kegiatan itu, petugas juga menyediakan mobil pembayaran pajak kendaraan, sehingga pengendara yang pajak kendaraannya sudah mati diarahkan untuk langsung melakukan pembayaran pajak di tempat. Di lokasi itu juga tersedia tilang di tempat bagi pengendara yang melanggar aturan lalu lintas.

Bagoes mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut juga sebagai antisipasi menjelang Ramadhan dan Lebaran tahun 2023.

"Harapannya, semua pengendara mematuhi aturan. Baik dari teknis kendaraan hingga syarat administrasi seperti STNK, SIM, dan sebagainya," kata dia.

Bagoes menambahkan, pihaknya mengimbau masyarakat untuk senantiasa mematuhi peraturan lalu lintas.

"Keamanan dan keselamatan lalu lintas harus diutamakan. Utamanya jelang Ramadhan dan Idul Fitri, dimana volume kendaraan meningkat sehingga rawan pelanggaran dan kecelakaan," katanya.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023