Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Situbondo Rudi Kristiawan menerima penghargaan Africa Van Java Award 2023 Jawa Pos Radar Banyuwangi sebagai Tokoh Pemberdayaan Warga Binaan Pemasyarakatan.

Pria kelahiran Blora Jawa Tengah ini dinilai mampu melakukan terobosan dengan memberdayakan warga binaannya melalui berbagai kegiatan pelatihan keterampilan, mulai kerajinan tangan, perbengkelan, dan produk makanan olahan dan lainnya.

"Kami memberikan pembinaan kemandirian dan keterampilan bagi warga binaan sebagai bentuk pembinaan bakat dan keterampilan untuk dipersiapkan ketika mereka kembali berperan aktif di lingkungan masyarakat," ujar Rudi Kristiawan usai menerima penghargaan di Pendopo Kabupaten Situbondo, Rabu.

Penghargaan Africa Van Java Award 2023 yang digelar Jawa Pos Radar Banyuwangi dalam rangkaian Hari Pers Nasional 2023, menurut dia, menjadi pelecut semangat untuk terus berinovasi memberdayakan warga binaan pemasyarakatan di Rutan Situbondo.

"Penghargaan ini tentunya menjadi motivasi dan semangat bagi kami untuk menciptakan inovasi. Ke depan semoga Rutan Kelas IIB Situbondo lolos WBK," ujar dia.

Penghargaan Africa Van Java Award 2023 juga diberikan kepada puluhan orang individu dan lembaga yang dinilai berjasa dan mendukung pembangunan di Kabupaten Situbondo.

Penerima penghargaan AVJ Award 2023 Jawa Pos Radar Banyuwangi, salah satunya Bupati Karna Suswandi sebagai tokoh pelopor pembangunan infrastruktur untuk pengembangan pariwisata kawasan Wisata Merak Baluran, tokoh peduli pertanian lewat program penyaluran pupuk gratis, dan sebagai tokoh pendorong kesejahteraan guru ngaji dan guru minggu.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023