Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Situbondo, jawa Timur, menggelar pekan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) yang pesertanya adalah warga binaan pemasyarakatan dan petugas keamanan Rutan setempat.

Pekan Olahraga dan Seni ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59, dan menjadi momentum yang di nanti-nanti warga binaan pemasyarakatan di Lapas dan Rutan seluruh Indonesia.

"Hari Bakti Pemasyarakatan ini menjadi ajang seluruh warga binaan untuk unjuk gigi menunjukkan kemampuan, keterampilan, dan kekuatan dalam hal olahraga dan seni," kata Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo Rudi Kristiawan di Situbondo, Rabu.

Dia menjelaskan bahwa kegiatan Hari Bakti Pemasyarakatan adalah salah satu hari besarnya Kementerian Hukum dan HAM RI yang puncaknya jatuh pada 27 April setiap tahunnya.

"Untuk itu kami semua sebagai insan pengayoman dan pemasyarakatan yang baik hendaknya merayakan momen ini dengan meriah, tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan," ujar Rudi.

Menurut dia, dalam rangkaian kegiatan Hari Bakti Pemasyarakatan tahun ini, di Rutan Situbondo menyelenggarakan beberapa perlombaan olahraga dan seni, di antaranya voli, bulutangkis, karaoke, tarik tambang, karaoke dan beberapa cabang olahraga lainnya.

"Hari pertama perlombaan kemarin dilaksanakan lomba tarik tambang yang diikuti semua warga binaan masing-masing kamar hunian. Alhamdulillah warga binaan antusias memeriahkan Hari Bakti Pemasyarakatan tahun ini," tuturnya.

Kegiatan perlombaan memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59 ini dilaksanakan di lapangan dalam Rutan, mulai pukul 13:00 hingga 17:30 WIB.

Badiri, salah seorang warga binaan mengaku senang dan bahagia dengan digelarnya berbagai perlombaan olahraga.

"Alhamdulillah bisa menang lomba tarik tambang walaupun kaki kami mengalami luka lecet, tapi kami puas bisa menang dan Pak Karutan langsung memberikan hadiah tambahan kepada kami sebesar Rp400.000, bisa untuk jajan teman-teman di kamar," ujarnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023