Relawan Kiyai Muda Jawa Timur (KMJT) menggelar fogging atau pengasapan di Pondok Pesantren Nurul Hidayah 2, Desa Karangsari, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang sebagai upaya mencegah bahaya panyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Kami bersilaturahim di Pondok Pesantren Nurul Hidayah 2, sekaligus mengadakan fogging sehingga para santrinya tercegah dari gigitan nyamuk," ujar Koordinator Wilayah Kiyai Muda Jawa Timur Ali Baidlowi dalam keterangan tertulis di Surabaya, Sabtu pagi.

Pria yang akrab disapa Gus Ali mengatakan bahwa saat ini masih rawan jentik nyamuk sehingga harus dilakukan berbagai upaya, termasuk bersih-bersih di sejumlah sudut ruangan pondok.

Relawan pendukung Ganjar Pranowo tersebut juga memberikan seperangkat alat kebersihan seperti sapu lidi, tempat sampah, dan alat pembersih lantai demi tercapainya kebersihan di lingkungan pondok.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Ali mengingatkan kepada warga ponpes, khususnya para santri, untuk terus meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan pondok.

"Kami memberikan alat kebersihan, lalu mengadakan istighasah dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo. Semoga 2024 Pak Ganjar terpilih sebagai Presiden," kata Pimpinan Pondok Pesantren Syakur Al Marzuki Bojonegoro tersebut.

Pria lulusan Pondok Pesantren Al Anwar, Sarang, Rembang, Jawa Tengah, ini mengatakan dirinya terinspirasi sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam membuat program untuk pesantren.

"Beliau sering berkeliling ke beberapa daerah di Jawa Tengah dan memperhatikan aspirasi masyarakat. Kami pun seperti itu berkeliling ke pesantren untuk melihat situasi saat ini dan apa keperluan mereka. Alhamdulillah kami bisa mewujudkan aspirasi warga pesantren," ujarnya.

Pengurus Pondok Pesantren Nurul Hidayah 2 Amir Faisal berterima kasih atas kunjungan dan bantuan yang diberikan relawan Kiyai Muda Jawa Timur dan berharap warga ponpes bisa semakin menjaga kebersihan lingkungan pesantren.

"Alhamdulillah, mudah-mudahan para santri bisa selalu menjaga kebersihan. Karena di jiwa yang sehat harusnya kebersihan itu dijaga," tuturnya.

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023