Komunitas "Heppiii Community" menyiapkan sejumlah kegiatan berupa perbaikan fasilitas sosial di sejumlah desa di Jawa Timur untuk menyambut Ramadhan 1444 Hijriah.

"Tahun ini ada sekitar 200-an desa dari 16 kabupaten/kota yang dilibatkan dan turut berpartisipasi," ujar Koordinator 'Heppiii Community" tingkat Nasional Ronald Theo Lesmana dalam siaran pers diterima di Surabaya, Rabu.

Cara tersebut, kata dia, sengaja dipilih lantaran komunitasnya berkeinginan memberi jalan kepada masyarakat untuk melakukan pembangunan pada desanya masing-masing.

Pembangunan desa disesuaikan dengan kebutuhan warga setempat, seperti pengadaan lampu penerangan jalan maupun sembako bagi warga yang membutuhkan.

"Dimulai dari karta (karang taruna) di desa wilayah Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Kediri, Jombang, Madiun, Probolinggo, kemudian Jember, sampai Banyuwangi. Tahun ini juga ada penambahan desa yang ikut di wilayah Pangkalan Bun," ujarnya.

Sementara, Koordinator Karta 'Heppiii Community" Probolinggo Dwi Haryantoro menyebut ratusan desa yang urun ambil bagian dalam kegiatan perbaikan fasilitas sosial dan umum selama sepekan penuh.

"Pada Ramadhan tahun ini kami banyak memilih kegiatan pengadaan lampu penerang jalan, ada penambahan 34 titik," ucapnya.

Kegiatan tersebut bertajuk "Gerakan Bersama Melalui Kebaikan", perbaikan yang dilakukan menyasar sejumlah hal, seperti gapura, pos ronda, pengadaan lampu penerang jalan, dan menambah fasilitas tempat ibadah pada momen bulan puasa.

Tak hanya itu, Dwi menyebut 'Heppiii Community" juga mengajak anak yatim untuk berbelanja baju Lebaran dan ziarah wali.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023