Hasil survei dari lembaga "Accurate Research And Consulting Indonesia" (ARCI) mencatat tujuh partai politik (parpol) berbagi kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) untuk daerah pemilihan Jawa Timur (Dapil Jatim) III.

Dapil Jatim III untuk DPR RI meliputi Kabupaten Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi. 

"Dengan alokasi kursi di Dapil Jatim III sebanyak 7 kursi maka berdasarkan hasil survei masing-masing parpol dengan perolehan terbanyak akan meloloskan satu calon legislatif," kata Direktur Eksekutif ARCI Baihaki Sirajt kepada wartawan di Surabaya, Sabtu.

Survei ARCI dilakukan pada 9 - 17 Februari 2023 menggunakan metodologi multistage random sampling dengan 1.200 responden di wilayah Dapil Jatim III. 

Margin of error dari kegiatan survei ini sebesar 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Selanjutnya kami melakukan simulasi dengan sistem penghitungan sainte lague," ujar Baihaki.
 
Baca juga: Golkar Surabaya: Hasil survei urutan ketiga di Jatim buah kerja keras

Hasilnya, tujuh parpol teratas yang mendapatkan masing-masing satu kursi di DPR RI dari Dapil Jatim III, yaitu PKB, PDIP, Golkar, Gerindra, Demokrat, NasDem dan PPP.

Salah satu tokoh masyarakat di Dapil Jatim III yang pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 berhasil lolos menjadi anggota DPR RI melalui Partai Nasdem adalah KH Achmad Fadil Muzakki Syah atau akrab disapa Lora Fadil. 

Baihaki memastikan, berdasarkan hasil survei dengan simulasi sistem penghitungan sainte lague, Lora Fadil bersama Nasdem melalui Dapil Jatim III pada Pemilu 2024 mendatang akan dapat mempertahankan kursinya di DPR RI. 

Berikut hasil survei ARCI selengkapnya terkait perolehan suara parpol di Dapil Jatim III: 

1. PKB: 15,3%
2. PDIP: 14,7 %
3. Golkar: 11,2%
4. Gerindra: 10,4 %
5. Demokrat: 10, 2%
6. NasDem: 7,1%
7. PPP: 6,2 %
8. PKS: 4,2%
9. Perindo: 2,7 %
10. PAN: 2,2 %
11. Hanura: 0,6 %
12. Partai Umat: 0,6 %
13. PSI: 0,4 %
14. Tidak Tahu: 14,2 %

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023