Polresta Malang Kota, Jawa Timur, memperketat pengawasan penjualan bahan-bahan kimia berbahaya atau bahan yang mudah meledak, kata Kasihumas Polresta Malang Kota Iptu Eko Novianto di Malang, Jumat.

Eko mengatakan petugas Polresta Malang Kota melakukan patroli dialogis dan melakukan pengecekan penjualan bahan-bahan kimia pada sejumlah toko di wilayah tersebut.

"Kami melaksanakan patroli dialogis, pengecekan penjualan bahan kimia atau bahan yang mudah meledak pada sejumlah toko di wilayah Kota Malang," kata Eko.

Pengetatan pengawasan penjualan bahan-bahan kimia yang mudah meledak di wilayah tersebut sesuai dengan arahan Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Budi Hermanto guna menghadirkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Menurut Eko, pengetatan pengawasan penjualan bahan kimia berbahaya tersebut bertujuan agar bahan-bahan kimia yang mudah meledak tidak disalahgunakan, mengingat terjadi peristiwa memilukan di Kabupaten Blitar beberapa waktu lalu.

"Seperti yang kita ketahui bersama bahwa belum lama ini terjadi peristiwa memilukan di Kabupaten Blitar. Bahan atau serbuk petasan meledak dan menyebabkan jatuhnya korban jiwa," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Sukun Kompol Nyoto Gelar menambahkan sejumlah personel telah melakukan pengecekan penjualan bahan kimia mudah meledak pada toko-toko di wilayah Kecamatan Sukun.

Dalam pengecekan tersebut, pihak Polsek Sukun juga menggandeng Forkopimcam Sukun dan sejumlah pemangku kepentingan terkait. Pengawasan itu, bertujuan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti di Kabupaten Blitar beberapa waktu lalu.

"Ini kami lakukan dalam rangka mencegah hal-hal yang tidak diinginkan mengingat sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan," kata Nyoto.

Ia menjelaskan bahan-bahan kimia mudah meledak yang menjadi sasaran dalam patroli dialogis tersebut, antara lain belerang, fosfat, dan sejumlah bahan kimia lainnya dengan risiko tinggi ledakan.

Dalam patroli pada sejumlah toko di kawasan Kecamatan Sukun tersebut, tambahnya, tidak ditemukan adanya bahan-bahan kimia yang bisa dipergunakan untuk membuat petasan. Petugas memberikan edukasi kepada pemilik toko agar tidak sembarangan menjual bahan kimia tersebut.

"Berdasarkan hasil patroli, kami tidak menjumpai toko yang menjual bahan kimia atau bahan baku pembuatan petasan. Kami tetap mengimbau kepada para penjual untuk tidak sembarangan karena bisa menyebabkan dampak yang sangat membahayakan," ujarnya.

Sebelumnya, Minggu (21/2), ledakan besar terjadi pada sebuah rumah di Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Ledakan tersebut mengakibatkan empat orang meninggal dunia dan merusak sejumlah rumah.

Ada sebanyak 33 rumah warga dan satu fasilitas umum berupa mushala rusak akibat ledakan tersebut. Dari jumlah bangunan rusak itu, sebanyak 22 bangunan di antaranya tercatat rusak ringan, delapan rusak sedang, dan sisanya rusak berat.

 

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023