Seniman asal Kota Surabaya Meimura menyebut dibukanya kembali Taman Hiburan Rakyat (THR) dan Taman Remaja Surabaya (TRS) bisa menjadi "kantong kesenian" yang besar bagi Jawa Timur.

"Mengingat posisi Surabaya sebagai ibu kota provinsi, kiranya tidak berlebih menyebut keduanya (THR dan TRS) menjadi etalase kesenian dan seniman di Jawa Timur," kata Meimura di Surabaya, Rabu.

Oleh karenanya, dia menyambut baik rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menghidupkan kembali THR dan TRS yang memiliki luas keseluruhan 5,2 hektare tersebut.

Menurutnya, keberadaan THR dan TRS memiliki potensi besar sebagai investasi Kota Surabaya, apalagi kedua tempat wisata itu dikenal sebagai wadah berkarya bagi para seniman.

"Seniman yang ada dapat mulai berproses kembali. Proses itulah yang menumbuhkan harapan akan karya seni berkualitas dan masyarakat mendapatkan alternatif tontonan," ujarnya.

Baca juga: Pasutri Budi Bi-Ami Tri pamerkan lukisan "kasih sayang" di Surabaya

Selain wadah berkesenian, THR dan TRS bisa menjadi ruang edukasi, khususnya bagi mahasiswa yang akan melakukan penelitian di bidang kesenian.

Bidang kesenian, kata dia, tak bisa dilepaskan dari bidang keilmuan lainnya. "Dalam setiap karya seni pertunjukan memerlukan berbagai bidang untuk menyajikan ke masyarakat," kata dia.

Oleh karenanya, dia berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bisa segera merealisasikan rencana menghidupkan kembali THR dan TRS.

"Pembukaan THR dan TRS bukan hanya jalan terang, tetapi juga meningkatkan derajat pemimpin kota, marwah pemerintahnya, dan Kota Pahlawan," ucapnya.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023