Saat musim hujan datang, salah satu makanan yang cocok disantap adalah mi berkuah pedas. Hidangan yang pas untuk menghangatkan tubuh dari dinginnya musim hujan.
 
Salah satu yang bisa dicoba adalah mi kuah pedas yang dipadukan dengan topping bebek bumbu kuning. Sekilas, tampilan mie bebek ini hampir mirip seperti kuliner khas Tuban, mi becek.
 
Lembutnya mi disiram kuah kuning kental dengan taburan topping daging bebek di atasnya. Rasa khas rempah-rempah membaur dengan pedasnya kuah mi sangat cocok disajikan saat cuaca dingin seperti ini.
 
Rizky Maulana, Chef de Party Favehotel Sidoarjo menjelaskan, ide membuat mi bebek muncul karena dirinya ingin menyajikan hidangan berbahan dasar mi yang berbeda dari biasanya namun tetap mendominasi rempah-rempah dan rasa pedas.
 
"Memang kami sengaja cari yang beda biar ada khasnya. Akhirnya bebek itu kami tonjolkan. Biar orang tidak melulu makan mi ayam terus," ucapnya.
 
Ia menjelaskan bahan untuk membuat mi bebek kuah pedas sangat sederhana. Bahan dasar mi kuning di siram kuah yang kaya akan bumbu rempah-rempah dan cabai merah, kemudian diberi topping potongan daging bebek di atasnya.
 
"Bumbu yang dominan bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, dan kecil makanya rasanya agak pedas. Terus kami tambah potongan daging bebek sebagai kondimen sama ada acarnya," katanya.
 
Rizky mengaku meskipun baru sepekan kuliner bercita rasa pedas tersebut banyak diminati masyarakat, terutama saat cuaca dingin atau musim hujan.
 
"Kemarin waktu peluncuran banyak yang suka terutama yang suka makan bebek. Ini kok beda ada mi bebek karena mi ayam sudah biasa," ucap dia.
 
Untuk menikmati satu porsi mie bebek kuah pedas pengunjung hanya merogoh kantong Rp48 ribu saja. Pengunjung bisa memesan kuliner tersebut kapan saja. "Dalam sehari rata-rata laku 8 hingga 10 porsi," kata Rizky.
 
Vina salah satu pengunjung di Favehotel Sidoarjo yang hobi makan kuliner bebek, mengatakan, dirinya penasaran saat mendengar ada kuliner mi bebek kuah pedas di Sidoarjo.
 
"Saya hobi kuliner, dan kebetulan mi dan bebek merupakan salah satu kuliner favorit saya. Enak sekali rasanya kuah rempah-rempahnya terasa, pedas juga," kata perempuan asli Sidoarjo ini.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023