Buah durian bisa diolah menjadi berbagai menu yang lezat termasuk dicampur menjadi minuman. Ada satu menu minuman yang enak dan menyenangkan, lengkap dengan buah durian yakni dawet durian yang ada di Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Adalah Alina Dini, pemilik usaha es dawet durian di Desa Panglungan Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Usaha ini berawal darinya yang ingin mengkreasikan buah durian. Apalagi di Wonosalam merupakan sentra buah durian, tentunya banyak yang ingin mencicipi berbagai olahan buah dengan ciri khas kulit berduri ini.

"Kami bikin variasi yang baru, agar orang-orang yang jalan-jalan ke Wonosalam tahu ada yang unik, tidak cuma buah durian saja," kata Alina, Minggu.

Alina mengungkapkan, menu es dawet durian ini memang baru, namun peminatnya cukup banyak. Menu ini campuran antara dawet, mutiara, lalu gula aren dan santan. Ditambah lagi dengan buah durian.

Setiap satu porsi menu ini, ada enam durian sebagai pelengkap. Dengan itu, semakin menambah rasa enak di menu es dawet ini. 

Satu mangkok menu ini dijualnya seharga Rp20 ribu. Namun, jika pelanggan juga ingin membeli buah durian, tetap disajikan di warungnya. Pelanggan tinggal memilih buah yang diinginkan dengan harga terjangkau. 
 
Anggi, penikmat buah durian warga Bareng, Kabupaten Jombang menyebut dirinya baru pertama mencoba menu es dawet durian ini. Menurut dia, rasa minuman ini lain daripada yang lain, apalagi ada banyak buah durian di minuman ini, semakin enak rasanya.  

"Saya baru mencoba es dawet durian. Tahunya dari teman. Rasanya mantap, perpaduan dawet dan durian khas Wonosalam. Sangat menggiurkan tepatnya," kata Anggi.(*) 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023